Antisipasi ISIS Masuk Babel

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

Polda Optimalkan Peran Intelijen

PANGKALPINANG – Polda Kepulauan Bangka Belitung akan mengantisipasi agar kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) masuk ke Babel.
Kapolda Kepulauan Babel, Brigjend Pol Gatot Subiyaktoro menjelaskan, untuk mengantisipasi masalah ISIS pihaknya mengoptimalkan peran intelijen guna memantau aktivitas masyarakat yang mencurigakan.
“Untuk mencegah masuknya pengikut ISIS ini ke Babel, saya susah minta kepada Dir Intel untuk memantau kemungkinan masuknya kelompok ISIS ini,” kata Kapolda, Jumat (27/3).
Lanjut Kapolda, pihaknya telah berkoordinasi kepada semua pihak, apabila ada menemukan aliran-aliran yang aneh dan mencurigakan agar segera melaporkannya kepada pihak aparat kepolisian.
“Kami susah berkoordinasi dengan semua pihak untuk itu mengawasi dan melaporkannya apabila ada aliran – aliran yang aneh,” kata Kapolda.
Meskipun demikian kata Kapolda, masyarakat juga jangan sampai mudah memvonis seseorang atau kelompok masuk aliran sesat atau teroris, namun harus dilihat dulu kebenarannya.
“Masyarakat juga jangan sampai mudah menvonis seseorang atau kelompok sudah masuk aliran sesat atau teroria tapi harus dilihat dulu kebenarannya melalui intelijen,” jelas Kapolda.
Lebih lanjut Kapolda mengatakan, bagaimanapun ISIS telah melakukan pelanggaran norma agama. Karena dalam aktivitasnya telah melakukan kekerasan.
“Jadi ISIS ini betul-betul harus dicegah. Kami juga meminta kepada aparat desa untuk memeriksa setiap warga yang datang ke Babel, apabila tidak jelas tujuannya maka kembalikan saja ke daerah asalnya,” tegas Kapolda.
Ia menambahkan, apabila diperlukan, dilakukan pengawasan kelompok- kelompok yang melakukan latihan militer. “Kami minta masyarakat juga melaporkan apabila menemukan ada kelompok yang latihan militer,” pungkasnya. (cr62)

Baca Juga:  Danrem 045/Garuda Jaya, Kolonel Inf Dadang Arif Abdurrahman Imbau Bijak Gunakan Sosial Media

Rate this article!
Tags:
author

Author: