Antisipasi Terburuk, Fezzi Minta Pemda Beltim Segera Review Anggaran Corona

by -
Antisipasi Terburuk, Fezzi Minta Pemda Beltim Segera Review Anggaran Corona
Ketua DPRD Beltim, Fezzi Oktolseja.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Ketua DPRD Belitung Timur (Beltim) Fezzi Uktolseja meminta Pemerintah daerah Kabupaten segera mereview anggaran untuk penanganan virus Corona atau Covid-19.

Permintaan itu disampaikan berulang-ulang oleh Fezzi saat dikonfirmasi terkait kesiapan anggaran untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk menghadapi wabah Pandemi tersebut.

Fezzi mengatakan review anggaran untuk penanganan Covid-19 sudah menjadi keharusan dan tidak boleh tertunda. Maka itu bersifat segera.

“Sebenarnya ini kan sudah dibuka ruang oleh Pemerintah pusat. Makanya saya katakan agar pemda tolong segera cepat review anggaran,” kata Fezzi.

“Kita ini anggaran juga belum tau apakah sudah direview atau belum, berapa kebutuhan,” imbuhnya usai mendampingi penyerahan bantuan Putra Putri Peduli Corona Beltim.

Fezzi menyatakan anggaran sebesar Rp 1,3 miliar yang selalu disebut sebagai penanganan Covid-19 justru hanya kebutuhan rumah sakit (RSUD). Itupun sepengetahuan Fezzi belum di review akan dialokasikan untuk kebutuhan apa saja.

“Rp 1,3 miliar itu bukan (untuk Covid), itu yang dibutuhkan rumah sakit. Itu belum tahu dananya, karena belum direview. Seharusnya review terlebih dahulu, berapa kebutuhan rumah sakit, berapa kebutuhan Dinkes, lainnya berapa atau kalau memungkinkan memberi bantuan bagi yang tidak mampu,” cetusnya.

Dia juga mengingatkan Pemerintah daerah agat tidak menganggap Covid-19 biasa saja. Meski belum ditemukan kasus positif di Belitung Timur, bukan berarti penanganannya tidak serius.

“Tapi kan review, pemerintah pusat sudah. Kita jangan menganggap enteng atau gampang masalah corona. Kita semua harus memikirkan bagaimana menolong masyarakat dan nyawa masyarakat. Memang sekarang masih nol, (tapi) kita tidak tahu beberapa hari kedepan. Ini bahaya,” tegasnya.

Diakui Fezzi, pihak DPRD Beltim siap membantu Pemerintah daerah jika betul-betul ada keseriusan. Langkah-langkah yang memang diperlukan, harus segera dan tidak boleh menunda.

“Makanya saya katakan Pemda tolonglah serius sedikit tidak bisa ditunda, kalau bisa segera. Apa yang bisa dilakukan ya dilakukan dan memang semua tidak terlepas dari anggaran maka itu segera review dan lakukan. Kalau perlu cepat, kami juga siap membantu,” tukasnya. (msi)

Editor: Yudiansyah