Api Obor Porwil IX se Sumatera Diarak

by -

SUNGAILIAT – Api obor Pekan Olah Raga Wilayah (Porwil) Sumatera IX diarak dari Pesanggrahan Menumbing, Muntok ke Sungailiat, Kabupaten Bangka, kemarin (11/11). Sebelum diarak, api obor yang dinyalakan juru kunci pesanggarahan, mbah Sutejo ini terlebih dahulu diistirahatkan di rumah dinas Bupati Bangka Barat (Babar). Selanjutnya dibawa menuju Kecamatan Bakam untuk diserahkan kepada Wakil Bupati Bangka Drs. Rustamsyah.
Ketua KONI Kabupaten Bangka Barat, Arlan Rasyid menjelaskan, api obor sempat diarak sembilan orang atlet keliling Kota Muntok dengan rute jalan dari Bukit Menumbing-Kampung Menjelang-Kampung Baru- Terminal Muntok-Masjid Jamik-Tugu Soekarno-Hatta dan berhenti sejenak di rumah dinas Bupati Bangka Barat.
“Di rumah dinas bupati akan ada seremonial penyambutan dan pelepasan api obor, setelah itu rombongan pembawa api akan melanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Bakam, untuk diserahkan kepada Bupati Bangka,” kata Arlan.
Sementara, di Sungailiat api obor di kirab menuju Sungailiat, melewati desa-desa di tiga Kecamatan meliputi Bakam, Puding Besar, Pemali, sebelum tiba di Sungailiat. Sepanjang jalan yang dilalui disambut warga dengan antusias yang berada di di tepi jalan. Setiap kecamatan yang disinggahi di kirab berjalan kaki dengan diiringi marching band setempat serta barisan pelajar dan masyarakat. Untuk selanjutnya dengan konvoi kendaraan roda empat sebagai tanda dan pemberitahuan kepada masyarakat akan dimulainya pelaksanaan Porwil. “Obor ini kita inapkan di kantor Bupati Bangka,” kata Ketua Panitia Lokal Porwil IX Kabupaten Bangka Drs. Arman.
Lalu kata Arman, hari ini akan dilakukan arak-arakan keliling kota Sungailiat untuk selanjutnya akan diserahkan kembali dari Kabupaten Bangka ke Kota Pangkalpinang di perbatasan Desa Selindung. “Di Sungailiat ada tiga cabor yakni Sepak Bola, badminton dan renang,” jelasnya.
Disisi lain, sebanyak 26 nomor cabang olahraga (cabor) atletik mulai dipertandingkan hari ini di lintasan atletik Stadion Utama Beltim. “Pada cabor atletik ini, kita akan mempertandingkan sebanyak 26 nomor dan akan dimulai besok, Kamis (12/11). Jadi meski sudah resmi dibuka hari ini (kemarin, red), namun baru akan dimulai besok hari dari pagi pukul 05.00 Wib hingga selesai,” ungkap Ketua Panitia pelaksana lokal Beltim, Evi Nardi.
Evi Nardi menjelaskan, nomor yang akan dipertandingkan diantaranya lomba lari 100 meter putra/putri, lari 200 meter putra/putri, lari 400 meter putra/putri, marathon 42,195 kilo meter putra/putri, lompat jauh putra/putri, lompat tinggi putra/putri, serta lempar cakram dan nomor lomba atletik lainnya.
Sementara, untuk medali yang diperebutkan pada cabor atletik Porwil berjumlah 138 medali. Dengan rincian medali emas 46 buah, perak 46 buah dan perunggu 46 buah. “Untuk nomor lari marathon yang menempuh jarak sepanjang 42,195 kilometer yang akan mengambil garis start di depan GOR Beltim, kawasan Stadion utama Beltim, lanjut melintasi jalan jenderal Sudirman, pasar Lipat Kajang, pantai Nyiur melambai perkantoran Bupati dan hingga finish kembali ke GOR kawasan Stadion Utama Manggar,” jelas pria yang juga Ketua Pengkab PASI Beltim.
Evi Nardi menambahkan, Porwil XI Sumatera khusus cabor atletik melibatkan sebanyak 253 orang. Terbagi atas 200 orang atlit dan 53 orang pelatih/official. “Penginapannya ditempatkan di semua hotel yang ada di Manggar Beltim,” kata Evi Nardi.(rul/msi/rel)