Arus Wisatawan ke Belitung Terbilang Tinggi

by -

*Sejumlah Hunian Kamar Hotel Dikabarkan Penuh
*Libur Lebaran, Kunjungan ke Tempat Wisata Membludak

foto A

Pantai Tanjung Kelayang di Desa Keciput, Kecamatan Sijuk adalah salah satu tempat wisata pilihan wisatawan luar Pulau Belitung untuk mengisi libur liburan bersama keluarga dan sanak saudaranya. Nampak sejumlah wisatawan bermain di tepian pantai sembari menunggu untuk menyebrang ke Pulau Lengkuas dengan kapal sewaan yang disiapkan para nelayan. (foto Yudiansyah/BE)

TANJUNGPANDAN-Arus kunjungan wisatawan untuk mengisi libur lebaran ke Pulau Belitung terbilang tinggi. Buktinya, sejumlah hotel di Belitung pun dikabarkan penuh dan mengakibatkan wisatawan sulit mendapat hunian kamar.
Rina (24) salah satunya, wisatawan asal Lampung ini butuh waktu jauh-jauh hari untuk memesan kamar. Ia memutuskan berlebaran di Belitung tahun ini.

“Iya nih kamar penuh semua. Susah cari hotel,” kata Rina ditemui di pantai Tanjung Tinggi, Rabu (22/7) kemarin.
Pantauan Belitong Ekspres, sejak libur lebaran kunjungan ke sejumlah tempat wisata membludak. Di antaranya seperti pantauan di Pantai Tanjung Tinggi, Tanjung Kelayang, Pulau Lengkuas, Tanjungpendam dan Museum Tanjungpandan.

Meski arus kunjungan wisatawan terbilang tinggi, sayangnya Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Belitung tidak memiliki data pasti jumlah kunjungan wisatawan tersebut.

Sejauh ini yang baru dimiliki hingga maret 2015.  Dinas belum dapat merekap secara keseluruhan. Kendalanya karena baru beberapa hotel saja dari 40 hotel yang memberikan data. Untuk jemput bola data kesulitannya karena letak hotel berjauhan ada yang di luar Tanjungpandan.

“Bukan belum ada tapi baru sedikit laporannya. Paling setelah lebaran kami kesana,” kata Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Susanto, di ruang kerjanya, Kamis (23/7) kemarin.

Namun demikiamn, Susanto tak memungkiri kunjungan wisatawan saat ini meningkat. “Kalau lihat momennya pasti meningkat dan hotel sekarang penuh,” kata dia.

Data wisatawan hingga Maret 2015 mencapai 40 ribu. 1.200 wisatawan mancanegara (wisman) dan 39 ribu wisatawan nusantara (wisnu).

Terpisah, Kabid Perhubungan Laut dan Udara Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Irwan Akhyar mengatakan arus penumpang di Bandara Hanandjoedin Buluh Tumbang meningkat pada momen lebaran.

Laporan dari bandara dalam rangka kegiatan posko angkura udara lebaran tanggal 20 Juli 2015 kedatangan sebanyak 1662 penumpang sehari dan keluar sebanyak 1572 penumpang. Tanggal 21 Juli 2015 kedatangan sebanyak 1646 penumpang sehari dan keluar sebanyak 1650 penumpang. Dan tanggal 22 Juli 2015 kedatangan sebanyak 1435 penumpang sehari sedangkan keluar sebanyak 1589 penumpang.

Jumlah itu meningkat dari bulan biasanya. Pada bulan biasa normalnya paling tinggi sekitar seribu penumpang rata-rata perhari. “Kalau hari biasa paling 500 hingga 1000 penumpang sehari,” kata Irwan. (ade/yud)