Asiong Akhirnya Dikembalikan ke Pihak Keluarga

by -

NAMANG – Setelah hampir empat bulan berada di Desa Namang, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Asiong (52), akhirnya dikembalikan ke pihak keluarga. Pengembalian Asiong yang diketahui mengalami gangguan jiwa ini menurut Briptu Firdaus awalnya lantaran Asiong sering tidur di jalan. “Saya pribadi kasihan dan kadang sembari saya bertugas di desa diberi makan,” ceritanya, kemarin (5/2).

Ia memaklumi jika perilaku tersebut dilakukan oleh Asiong. Namun dirinya juga mengaku kebingungan sambil berkoordinasi dengan Kades Namang untuk mencari tahu alamat tempat tinggal serta pihak keluarga yang merasa kehilangan anggota keluarga. “Saya koordinasi dengan pak Kades beserta warga untuk bekerjasama mencari tahu alamat beliau, karena yang ditakuti ulah bapak tersebut bisa membahayakan warga serta para pengguna jalan ketika melintas di Namang,” terangnya.

Akhirnya kata Firdaus, ia berinisiatif menyebarkan informasi tersebut melalui dunia maya. Nah melalui itu semua jelasnya, ada yang mengirimkan pesan singkat jika Asiong adalah warga Pangkalan Baru. “Dan yang menelpon itu tetangganya. Langsung saya ajak satu warga setempat untuk mengantarkan ke alamat Desa Manunggal Jalan didekat Puskesmas Pangkalan Baru. Saat tiba ditempat yang menyambut adik iparnya, pihak keluarga menuturkan jika nama bapak tersebut Asiong dan keluarga tersebut berasal dari keturunan Tionghoa. Pihak keluarga pun menjelaskan jika dulu Kakaknya tersebut dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) dan dikeluarkan lagi setelah itu menghilang dalam kurun waktu setengah tahun ini,” pungkas Briptu Firdaus.

Dirinya menambahkan jika sangat berterima kasih kepada pengunjung dan pemberi informasi pada akun FB nya hingga pak Asiong bisa berkumpul lagi dengan pihak keluarganya. Terpisah, Kades Namang Wahid membenarkan jika Asiong sudah dikembalikan dan diantar ke pihak keluarganya dan berharap jika mengalami kejadian-kejadian tersebut langsung berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan pemerintah setempat yang jika mengalami lagi agar bisa secepatnya dikembalikan lagi ke pihak keluarganya.(cr3)