Astrada Babar Ajak Manfaatkan Eks Tambang

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

MUNTOK – Asosiasi Pertambangan Rakyat Daerah (Astrada) Bangka Barat (Babar) mengajak memanfaatkan lahan eks tambang untuk beberapa sektor. Mulai dari perikanan, peternakan dan perkebunan. Tentunya, pemanfaatan ini melibatkan masyarakat di sekitar wilayah tersebut.
Ketua Astrada Babar Ali Hartono mengungkapkan, saat ini Babel tidakbisa mengharapkan sektor pertambangan saja. “Untuk itu Astrada ingin mengajak masyarakat untuk bersama-sama memanfaatkan lahan yang ada dengan sektor-sektor lainnya,” ujar Ali Hartono, kemarin (9/2).
Ditambahkannya, jika timah tidak ada lagi maka masyarakat mau kemana? Untuk itu ia mengajak, mulai saat ini masyarakat tidak semata-mata berpikir hanya di sektor pertambangan saja. “Kita ajak untuk memanfaatkan lahan-lahan eks tambang yang bisa dimanfataatkan,” ujar Ali    .
Meski demikian, Ali menegaskan Astrada tetap membantu masyarakat penambang yang melakukan aktivitas tidak menyalahi aturan-aturan yang ada. “Makanya kita menganggap masyarakat ini perlu kita bantu dan kita fasilitasi,” jelasnya. Saat ini menurut Ali, sudah ada kesepakatan untuk menjadi mitra PT Timah dalam melakukan aktivitas pertambangan, dan yang menjadi focus pertambangan oleh Astrada pada tahun 2015 ini yaitu lahan IUP PT Timah di Desa Ranggi Asam dan Tumbak Petar.(cr63)

Baca Juga:  Mantan Kapolda Babel Meninggal Saat Pantau Hasil Pemilu 2019

Tags:
author

Author: