Atasi Kelangkaan di Belitung, LPG 3 Kg Akan Didatangkan Secara Bertahap

by -
Atasi Kelangkaan di Belitung, LPG 3 Kg Akan Didatangkan Secara Bertahap
Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Bupati Belitung mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi Liquefied Petroleum Gas ( LPG) Tabung 3 Kg. Dalam SK Nomor 188.45/175/KEP/1V/2020 memutuskan beberapa poin terkait HET LPG Tabung 3 Kg pada tingkat Pangkalan yang berlaku di Kabupaten Belitung.

Keputusan ini berlaku mulai ditetapkan tanggal 23 Maret 2020. Harga jual agen ke Pangkalan Rp 14.250 per tabung. Sedangkan Harga Eceran tertinggi (HET) di Pangkalan dalam radius 60 Km ditetapkan Rp 15.900 per tabung.

Kemudian HET pada tingkat pangkalan di Desa Pulau Seliu Kecamatan Membalong dan Pulau Mendanau Kecamatan Selat Nasik HET di Pangkalan Rp 16.900 per tabung. Untuk di Desa Pulau Sumedang Kecamatan Membalong, HET di Pangkalan ditetapkan Rp 17.900 per tabung.

Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengatakan, keputusan penurunan harga LPG 3 Kg tersebut merupakan hasil pembicaraan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung dengan pihak  Pertamina.

“Itu kebijakan pembicaraan kita dengan Pertamina, jadi ongkos kirimnya dihapus dari Bangka ke Belitung sejumlah Rp 6.600, karena SPBE kita belum beroperasi yang di Badau,” ujar Isyak Kamis (26/3) kemarin.

Menurut Isyak, keputusan Pemkab Belitung mempunyai kebijakan penurunan HET Gas Tabung 3 Kg tersebut, sangat meringankan masyarakat. Namun saat ini, masalahnya barang tersebut ada atau tidak, maka dari itu akan didatangkan secara bertahap hingga menjadi normal.

“Besok (hari ini) akan masuk 2500 tabung dan berikutnya akan masuk 10.000 tabung, ini untuk menutupi kelangkaan Gas 3 Kg yang sekarang terjadi di Belitung,” kata Isyak.

Isyak juga menyarankan kepada beberapa oknum pihak yang sering menimbun Gas 3 Kg, agar jangan melakukan hal tersebut jika tidak ingin rugi. “Saya sarankan yang nimbun, nimbun berhenti nimbun, karena anda pasti akan rugi, karena kalau langka di sini, Pertamina Pusat akan kirimkan barang secepat-cepatnya untuk Belitung,” tandasnya. (dod)

Editor: Yudiansyah