Atletik Target Sumbang 4 Emas

by -

*Dalam Porwil Sumatera IX 2015

MANGGAR – Ketua Pengurus Cabang Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Evi Nardi menargetkan empat emas dalam Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera IX Tahun 2015.

 

Target emas ini khususnya, cabang olahraga (Cabor) Atletik untuk untuk nomor 400 meter putra, 1500 meter putra, estafet putra 4×100 meter dan Putri 200 atau 400 meter.

 

“Dari 14 nomor yang akan dipertandingkan pada Cabor Atletik kemungkinan besar Kabupaten Beltim akan mendulang empat medali emas. Untuk Tuan Rumah Provinsi Babel kemungkinan lebih dari itu,” ungkap Evi Nardi yang juga merupakan Ketua Panitia Lokal Beltim ajang Porwil Sumatera IX.

 

Evi Nardi, mengatakan total medali yang akan diperebutkan pada Cabor Atletik berjumlah 46 buah medali emas, Perak dan Perunggu.

 

Atlet atletik di nomor ini merupakan putra putri Beltim. Mereka adalah atlet-atlet andalan Provinsi Kepulauan Babel yang akan ikut pada Pekan Olah Raga Nasional (PON) mendatang. Namun, Ia mengatakan tidak menutup kemungkinan medali juga akan disumbangkan dari nomor lainnya.

 

“Mereka ini kan atlet yang sudah berpengalaman. Edi, Jonathan, dan Zahra cs adalah atlet atletik kebanggaan kita. Saingan kita di atletik yang terberat adalah dari Provinsi Sumatera Utara,” ujarnya.

 

Tuan rumah Provinsi Kepulauan Babel sendiri direncanakan akan mengirimkan 39 orang atlet pada Cabor Atletik. Delapan atlet di antaranya merupakan atlet Kabupaten Beltim.

 

Evi Nardi menjelaskan, untuk venue hampir seluruh nomor pada 14 nomor yang dipertandingkan dalam Cabor Atletik Porwil akan dilaksanakan di lintasan Stadion Utama Beltim. Hanya untuk nomor marathon dan jalan cepat yang akan menggunakan jalan raya.

 

“Nomor 100, 200, 400 meter, estafet 4×100 dan 4×400,  lompat galah, lompat jauh, lompat tinggi, tolak peluru, lempar lembing, lari jarak jauh 1500, 3000, dan 5000 Putra Putri semuanya akan dipertandingkan di stadion kebanggan kita. Hanya martahon dan jalan cepat kita akan menggunakan jalan raya,” jelasnya.

 

Jalur atau rutenye sudah disurvey panitia PB PASI Pusat. Rencananya, rute akan mengambil garis start dan finish di Stadion dengan melewati lintasan jalan raya jalur dua Desa Padang Manggar.

 

Untuk penginapan atlet, official dan juri, Ia memastikan tidak akan menggunakan sekolah ataupun rumah penduduk. Seluruhnya akan diinapkan di hotel-hotel dan penginapan di Kota Manggar. Anggaran untuk konsumsi dan akomodasi semuanya ditanggung oleh PB Porwil.

 

“Nanti akan ada 259 orang atlet, atletik plus official yang akan datang ke sini. Mereka ini akan kita inapkan di beberapa hotel dan penginapan di Kota Manggar. Rencanannya para atlet dan official dari Sumatera akan datang pada 9 Nopember mendatang. Kalau atlet tuan rumah mungkin awal Nopember mereka sudah datang untuk latihan dan TC di sini,” terangnya.

 

Evi Nardi, menambahkan untuk Porwil IX tidak mengadakan acara seremoni di Kabupaten Beltim. Ini mengingat seluruh kegiatan seremoni akan dipusatkan di Kota Pangkalpinang. Khusus untuk seremoni di Kabupaten Beltim, hanya akan diadakan Pemkab Beltim saat ramah tamah dan jamuan makan malam dengan Bupati dan Forkominda nantinya. (feb)