Aturan Picu Lemahnya Penyerapan Anggaran

by -

*Kata Bupati Sikapi Angka Penyerapan Anggaran 80%

TANJUNGPANDAN-Lemahnya penyerapan anggaran di Pemerintahan Kabupaten Belitung pada tahun 2014 yang menjadi catatan strategis bagi DPRD Belitung, bukanlah akibat segi penyusunan perencanaan pemerintah daerah. Namun, ada sejumlah hal termasuk perubahan aturan di tingkat pemerintah pusat.

Demikian dikatakan Bupati Belitung Sahani Saleh menanggapi sejumlah catatan penting DPRD dalam sidang Paripurna DPRD, pekan lalu. Orang nomor satu di Kabupaten Belitung ini mengakui, penyerapan anggaran untuk Pemerintah Kabupaten Belitung memang masih terbilang rendah. Bahkan, tidak mencapai 80 persen. Namun, itu semua sudah dilakukan evaluasi.

“Dan itu ada beberapa hal yang bukan dari sisi perencananan. Tetapi, pada saat kita mau melaksanakannya (teknis perencanaan tersebut,red) tiba-tiba ada perubahan aturan baru dari pusat,” kata Bupati yang akrab disapa Sanem itu kepada BE Selasa (5/5) kemarin, di Kantor Bupati.
Sanem mengatakan, untuk merubah sebuah perencanaan yang sudah tersusun dengan baik tersebut sangat tidak mudah. Apalagi, misalnya yang berkaitan dengan sistem pelelangan proyek. “Contoh misalnya, ada salah satu kegiatan pembangunan proyek yang telah diumumkan pemborongnya. Namun, setelah diverifikasi, ternyata perusahaan tersebut tidak memenuhi persyaratan lelang. Bahkan, ada yang fiktif. Nah, itu antara lain yang membuat lemahnya penyerapan anggaran kita di Belitung ini,” ujar Bupati.
Jadi, penyerapan anggaran memang bukan semata-mata karena kesalahan dalam perencanaan oleh SKPD. Namun, memang karena ada faktor lain. “Sebab, kita juga berpikir daripada kita mendapat resiko, lebih baik kita tidak usah melakukan itu,” ucapnya.
Meski demikian, kedepan, ujar Sanem, diharapkan perencanaan anggaran benar-benar sudah bisa terkoordinir dengan baik. Sebab, yang dinilai dalam hal penyerapan anggaran adalah out put (hasil langsung dan segera,red) dan out come (efek jangka panjang dari proses,Red) “Selama ini sudah terencana dengan baik, namun secara teknis belum bisa tergambarkan hasilnya secara maksimal,” pungkasnya.(mg2)