Awal Ramadan, Volume Sampah di Pasar Belitung Naik 10 Persen

by -
Awal Ramadan, Volume Sampah di Pasar Belitung Naik 10 Persen
Kepala DLH Belitung, Edi Usdianto.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung mencatat volume sampah di Pasar Tanjungpandan, naik 10 persen di awal bulan suci Ramadan 1442 Hijriah.

“Dua hari pelaksanaan puasa ini, tidak terlalu begitu meningkat, karena baru awal puasa, ya sekitar 10 persen lah dari hari-hari biasanya,” kata Kepala DLH Kabupaten Belitung Edi Usdianto kepada Belitong Ekspres, Kamis (15/4).

Guna mengantisipasi meningkatnya jumlah timbulan sampah terutama di Pasar Tanjungpandan, DLH Belitung menambah kontainer beserta armada truk pengangkut sampah.

“Kami menambah satu unit kontainer, kemudian satu sampai tiga truk pengangkut sampah yang biasa kami “standby” kan di Pasar Induk Tanjungpandan,” ujar pria yang karib disapa Edu itu.

DLH Belitung memperkirakan pada minggu ketiga dan keempat Ramadan volume sampah biasanya akan meningkat drastis. Namun dengan adanya wabah Pandemi Covid-19, itu tergantung pengaruh dari banyaknya kunjungan masyarakat ke pasar.

Selain Pasar Tanjungpandan, pihaknya juga memantau volume sampah di Pasar Hatta, dan Pasar Berehun. Sebab, kedua pasar itu juga mengalami peningkatan sampahnya ketika Ramadan. “Biasanya 3 hari sekali kita angkut, tapi bisa 2 hari sekali diangkut sampahnye,” ujarnya.

Sedangkan untuk kehadiran pasar dadakan pada saat Ramadan, pihaknya hanya menyiapkan sarana dan prasarana. Sedangkan untuk sampah menjadi tanggung jawab masing-masing pedagang.

“Untuk pasar dadakan sama seperti sebelumnya kami hanya menyediakan sarana dan prasarana dan sosialisasi ke pedagang. Jadi merekalah yang bertanggung jawab dengan kebersihan lapak dan mengangkut sampah ke tempat yang telah disediakan,” tandasnya (dod)