Awal Tahun 2021, Jumlah Pasien Covid-19 Belitung Tembus 274 Orang

by -
Awal Tahun 2021, Jumlah Pasien Covid-19 Belitung Tembus 274 Orang
Ilustrasi - Petugas medis melakukan tes usap atau swab test. Foto: Ricardo/JPNN

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Belitung hingga awal tahun 2021 mencapai 274 orang. Penambahan tiga kasus baru di Kabupaten Belitung diumumkan pada Minggu (3/1) kemarin.

“Berdasarkan data dari Laboratorium Biomedis RSUD dr H Marsidi Judon, yang telah melakukan uji PCR Spesimen Swab kepada pasien 3 pasien itu dengan hasil positif Covid-19,” kata Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Belitung, H Sahani Saleh dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Bupati Belitung, 3 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 maSwsing-masing yakni pasien 4052 inisial BB perempuan (60), pasien 4053 inisial FK perempuan (37) dan pasien 4054 inisial SD perempuan (60).

Pasien 4052 adalah Ibu Rumah Tangga, pelaku perjalanan dari Cilegon, beralamat di Desa Air Saga Kecamatan Tanjungpandan. “Ibu rumah tangga ini merupakan pasien dengan gejala sedang dan masih menjalani perawatan di RSUD dr. H. Marsidi Judono,” jelas Bupati yang karib disapa Sanem.

Selanjutnya pasien 4053 adalah PNS sebagai Tenaga Kesehatan di Puskesmas Tanjungpandan, pelaku perjalanan dari Yogyakarta, beralamat di Kelurahan Paal Satu Kecamatan Tanjungpandan. Tenaga kesehatan itu merupakan pasien dengan gejala ringan dan masih menjalani Karantina Mandiri.

Kemudian pasien 4054 adalah seorang pensiunan PNS, pelaku perjalanan dari Pangkalpinang, beralamat di Desa Air Saga Kecamatan Tanjungpandan. “Pasien ini merupakan pasien dengan gejala sedang dan masih menjalani perawatan di RSUD dr H Marsidi Judono,” terangnya.

Hingga saat ini total seluruh kasus positif Covid-19 di Kabupaten Belitung mencapai 274 orang. Dengan rincian 253 orang sembuh, 10 orang meninggal dunia dan 11 orang masih menjalani perawatan. “Jumlah kasus positif Covid-19 yang tersisa saat ini ada sebanyak 11 orang,” tukas Sanem.

Sanem menambahkan, sebanyak 11 pasien positif Covid-19 itu sekarang masih menjalani perawatan dan karantina intensif. Masing-masing 4 orang di RSUD Belitung, 3 orang di SKB Tanjungpandan dan 4 orang menjalani isolasi mandiri di bawah pengawasan Dinas Kesehatan setempat. “Untuk hari ini ada 1 orang yang selesai karantina,” sebutnya.

Ia pun kembali mengimbau masyarakat untuk senantiasa disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan. (dod)