Awas Batu Akik Palsu!

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

TANJUNG PANDAN- Beberapa bulan terakhir demam batuan bercorak atau akik makin diganrungi berbagai kalangan, termasuk di Pulau Belitung. Mulai dari kalangan atas sampai menengah ke bawah. Fenomena ini cukup menarik, sebab batu ini banyak terdapat di bekas kolong timah. Selain itu juga marak diperjualbelikan, bahkan sampai dikirim ke luar Belitung .
Batu akik merupakan salah satu alternatif  bagi warga dalammemilih aksesoris dengan harga yang relatif terjangkau, dan tetap bergaya. “Saat ini terjadi pergeseran persepsi pemakai batu akik, takkala dulu indentikkan sebagai dukun karena menganggap batu akik bertuah dan punya daya magis. Meski masih ada yang berbau klenik, saat ini terjadi pergeseran karena sebagian penggemar mulai melihat sebagai estetika aksesoris,’’ ujar salah satu pedagang akik di Pasar Tanjungpandan.
Permintaan batu akik, utamanya batuan khas Belitung kinyang dan satam cukup tinggi, belakangan ini.  Sebab, sejumlah toko maupun pengrajin batu akik selalu dipadati pengunjung. Konsumen tidak hanya dari masyarakat lokal tetapi banyak juga berasal dari luar Belitung sebagai cinderamata buat keluarga, teman maupun saudara.
Dengan banyaknya penggemar maupun Permintaan batu akik dipasaran otomatis terdapat, juga produk batu tiruan yang menyerupai akik. Bagi para penggemar batu akik berpengalaman, tentu saja hal ini sangat mudah membedakanya mana batu asli dan mana yang imitasi atau tiruan. Namun bagi masyarakat awam, yang baru mulai menyukai batu akik, sering kesulitan mengidentifikasi keasliannya. Sebab, batu-batu imitasi (bukan natural stone) sangat mirip dengan akik asli, bahkan sering terlihat lebih cemerlang dibanding batu asli.
Berikut tips untuk menguji keaslian batu akik yang mudah. Pertama, aktifkan smartphone anda. Kemudian gosokkan dengan lembut batu akik yang diuji di permukaan layar sentuh. Jika itu batuan asli maka akan ada respon pada layar sentuh. Batu akik asli berfungsi laiknya sebuah stylus pen pada smartphone layar sentuh. Sedangkan akik imitasi tidak menimbulkan reaksi apapun pada layar sentuh.
Namun  cara pengujian ini tidak 100% akurat  Sebagian besar batu akik bisa diidentifikasi keasliannya dengan cara ini. Tetapi belum tentu untuk jenis-jenis batu mulia lain.  Selain itu ada kemungkinan pula akan muncul batu-batu imitasi yang dibuat dengan campuran mineral bersifat kapasitif sehingga diuji dengan cara ini tetap bisa lolos. (mg1/berbagai sumber)

Baca Juga:  KPU Berharap Portubel Bantu Sukseskan Pemilu

Rate this article!
Awas Batu Akik Palsu!,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: