banner 728x90

Awas! DLH dan Satpol PP Belitung Mulai Pasang Mata

Life at ease with amazing nature| Leebong island

Awas, DLH dan Satpol PP Belitung Mulai Pasang Mata

Pantau Pembuang Sampah di Sembarang Tempat

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung, Edi Usdianto, mengatakan, terhitung sejak Senin 16 September 2019, Satgas lebah DLH Belitung sudah berada di titik pantau yang sudah ditentukan. Pemantauan ini terkait Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 23 Tahun 2019 tentang tata cara penerapan sanksi pelanggaran atas larangan membuang sampah tidak pada tempatnya yang telah ditentukan atau disediakan.

“Tim satgas lebah sudah disebar di bebeberapa titik untuk melakukan tugas pemantauan,” terang Edi usdianto kepada Belitong Ekspres, beru-baru ini.

Satgas Lebah DLH Kabupaten Belitung bertugas memantau dan melakukan tangkap tangan, serta melakukan pelaporan ke Posko pengaduan dan akan diteruskan ke PPNS Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Belitung untuk proses lebih lanjut.

Pria yang akrab disapa Edu ini berharap peran serta masyarakat dalam menyampaikan temuan-temuan di lapangan ke posko pengaduan DLH Kabupaten Belitung.

Sebagai informasi, pada tahap pertama ini, Tim Perbup 23 Tahun 2019 menerapkan sistem laporan dari masyarakat yang melapor secara resmi ke posko di kawasan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung.

Sementara itu Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Belitung, Azhar, mengatakan, selaku eksekutor Perbup 23, Satpol PP memiliki 2 (dua) sistem penerapan, yaitu pelaporan masyarakat dan sistem pengawasan dan pemantauan.

Tahap Pertama pihaknya mencoba merangkum laporan dari masyarakat. “Kita lihat hampir 2 (dua) mingggu ini, belum ada masyarakat yang lapor secara resmi,” ungkap Azhar kepada Belitong Ekspres, selasa (17/9) lalu.

Namun demikian pihaknya tidak akan tinggal diam, bahkan dalam waktu akan menerapkan sistem patroli. Sat Pol PP akan bergabung dengan patroli wilayah yang telah dibagi dalam 1 (satu) hari sebanyak 3 (tiga) shift. Pihaknya akan gabung dengan tim Satgas Lebah DLH Kabupaten Belitung untuk memonitor langsung di lapangan.

“Sebagaimana kita ketahui, kalau kita memonitor terang-terangan, nanti mereka tidak akan buang sampah sembarangan. Kami akan memasang petugas atau intel di beberapa titik yang ditetapkan Dlh,” terangnya.

Azhar mengungkapkan, saat ini sebenarnya mulai terlihat kesadaran masyarakat terhadap sampah, namun pihaknya akan tetap melakukan tugas dan tanggungjawab sebagaimana Perbup 23.

“Kita akan gabung DLH, karena ini prioritas pelaksanaan Perbup 23, kita akan tetap bekerjasama dengan DLH,” terangnya.
Selanjutnya, kata Azhar, bagaimana pun di tahun 2019 ini pihaknya tetap menargetkan dan mendapatkan tangkapan atas pelaku yang tidak bertanggungjawab dan membuang sampah tidak pada tempatnya, nantinya akan dilakukan proses tindak pidana ringan (tipiring) bekerjasama dengan pengadilan Tanjungpandan.

“Mudah-mudahan itu bisa menjadi pembelajaran, atau shocktherapi kepada masyarakat, agar ke depan tidak membuang sampah semabarangan. Salah satu tujuannya agar Belitung menjadi tujuan destinasi wisata yang bersih dan sehat,” tegasnya.

(Doddy Pratama | belitongekspres.co.id)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply