Ayo Bergabung Jadi Kesatria Langit

by -1 views
Personil Lanud H. AS Hanandjoeddin saat mengikuti latihan jasmani.

//TNI AU Buka Pendaftaran Prajurit Tamtama

TANJUNGPANDAN – Lanud H.AS Hanandjoeddin kembali membuka pendaftaran Prajurit Tamtama mulai tanggal 15 Januari sampai dengan 5 Maret tahun 2018. Kesempatan ini diberikan gratis kepada seluruh masyarakat provinsi kepulauan Bangka Belitung (Babel). TNI Angkatan Udara (AU) menyediakan sebanyak 500 kouta bagi pemuda daerah di seluruh tanah air, untuk mengabdikan diri kepada Bangsa dan Negara.

Pendaftaran Prajurit Tamtama pada gelombang I tahun ini khusus wilayah Babel bertempat di tiga lokasi berbeda. Yakni di Mako LAnud H.AS Hanandjoeddin (Belitung), Pos TNI AU Air Itam (Bangka) dan Pos TNI AU Manggar (Beltim). Pendidikan terakhir serendah-rendahnya SLTP/sederajat, dengan syarat melengkapi ijazah SD, SLTP, SLTA. Bagi lulusan SLTA dilengkapi, SKHUN dan raport empat pendidikan terakhir asli serta fotokopi yang telah dilegalisasi.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispers) Lanud H. AS Hanandjoeddin Kapten Adm M Rizky Fajrin mengatakan, kegiatan ini berdasarkan surat perintah Kasau Nomor Sprin/39/I/2018 tanggal 9 Januari 2018. Pendaftaran tersebut dilaksanakan oleh Disminpersau dengan membagi kegiatan menjadi dua tahap, yaitu penerimaan tingkat daerah dan tingkat pusat. Seleksi tingkat daerah menggunakan sistem gugur.

“Sedangkan seleksi tingkat pusat menggunakan sistem setengah gugur, yaitu mengikutsertakan calon siswa peserta seleksi pada semua aspek pemeriksaan sampai dengan sidang pemilihan akhir,” kata Danlanud H.AS Hanandjoeddin Letkol Nav Candrasa Yuda melalui Kapten Adm M Rizky kepada Belitong Ekspres, Sabtu (20/1) akhir pekan lalu.

Kadispers menjelaskan, pada pendaftaran tahun ini tinggi badan calon prajurit minimal 163 sentimeter. Lantas, usia minimal 17 tahun 9 bulan, maksimal 22 tahun saat pembukaan pendidikan dan sehat jasmani dan rohani. Seluruh rangkaian seleksi dilaksanakan dengan memegang prinsip jujur, objektif dan transparan, serta tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

“Untuk itu, kami mengajak seluruh Pemuda Babel untuk bergabung dengan kami menjadi ksatria langit. Jangan ragu mendaftarkan diri guna mengabdi kepada bangsa dan negara melalui TNI AU,” himbau Kapten Adm M Rizky.

Kadispers menyakini, Pemuda Babel mampu bersaing dengan daerah lain saat mengikuti seleksi di tingkat pusat. Sebab, memiliki kemampuan, dan keterampilan yang baik. Terbukti, setiap tahunnya cukup banyak Pemuda Babel yang diterima menjadi Prajurit TNI AU. “Mudah-mudahan pada tahun ini Babel dapat menyumbang kembali pemuda-pemuda terbaiknya,” pungkasnya. (wan)