Babar Serius Kembangkan Koperasi

by -

MUNTOK – Pemerintah Kabupaten Bangka Barat (Babar) serius mengembangkan koperasi untuk dijadikan “soko guru” perekonomian masyarakat.
“Kami berharap koperasi terus berkembang dan mampu menjadi tonggak perekonomian masyarakat karena sudah terbukti tangguh dalam meningkatkan usaha anggotanya,” ujar Bupati Bangka Barat, Zuhri M Syazali, Rabu (12/8).
Ia mengatakan, manfaat koperasi bagi anggotanya cukup besar, untuk itu pemkab memiliki komitmen tinggi untuk mengembangkan koperasi di seluruh kecamatan dan desa.
Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Zuhri dalam peringatan Hari Ulang Tahun Koperasi ke-68 yang diselenggarakan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Bangka Barat di Gedung Unmet PT Timah, Muntok.
“Pemerintah dan masyarakat memiliki komitmen untuk bersama-sama memajukan dan mengedepankan peran penting koperasi sebagai tonggak kehidupan perekonomian masyarakat,” katanya.
Menurut dia, seberapa banyak koperasi di Bangka Barat tidak akan berdampak positif jika tidak dikelola dengan baik sehingga pihaknya tidak akan berhenti meningkatkan kinerja dan pengetahuan berkoperasi kepada masyarakat dan pengurus koperasi.
Hingga 2015, kata dia, di Kabupaten Bangka Barat sudah tumbuh sebanyak 100 unit koperasi yang tersebar di seluruh enam kecamatan, namun belum seluruhnya maksimal.
Rangkaian kegiatan yang dibuka langsung Bupati Zuhri tersebut, panitia menggelar sejumlah lomba yang diikuti masyarakat setempat, seperti Pemilihan duta koperasi dan UKM, lomba Mars koperasi, lomba tari zapin tingkat SD, dan lomba mewarnai tingkat Taman Kanak-Kanak.
Pada kegiatan yang digelar sehari, tampak pada pembukaan Asisten Sekretaris Daerah, Ketua Pengadilan Negeri, perwakilan Polres, Kepala SKPD Kabupaten Bangka Barat, seluruh Kepala Kantor Camat se-Kabupaten Bangka Barat, Ketua Tim Penggerak PKK, ketua Darma Wanita Persatuan Kabupaten Bangka Barat dan pengurus koperasi. (Ant/RB)