Babel Banjir Even Internasional

by -2 views

BANGKA BELITUNG (Babel), dipastikan bakal “kebanjiran” even bertaraf internasional. Sejumlah even tersebut diyakini bisa menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Babel. Saat ini sudah sebanyak enam negara ingin menggelar even bertaraf internasional.

—————

GUBERNUR Erzaldi Rosman mengharapkan dukungan dari Kementerian Pariwisata dalam mewujudkan keinginan menggelar even tersebut. Harapan itu secara langsung disampaikan Gubernur kepada Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta. Penyampaian harapan dukungan even internasional ini merupakan satu di antara tiga poin yang disampaikan Gubernur. Sejumlah poin itu, konektivitas udara, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata dan Even Internasional.

“Permohonan dua dukungan even internasional yakni, Jazz dan Percussion. Sudah ada enam negara confirmed akan hadir ke Babel, difasilitasi dubes masing-masing, contohnya dari Brazil. Selain itu ada MXGP dan Triathlon Internasional di Babel,” jelas Erzaldi.

Menanggapi keinginan Erzaldi, tanpa menunggu Menpar Arief Yahya berjanji mendukung pelaksanaan even dimaksud, terutama even yang bakal menjaring wisman. Selanjutnya Menpar menugaskan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata 1, I Gde Pitana.

Tak hanya itu, pasalnya Menpar juga menugaskan jajarannya membantu Gubernur Babel berkomunikasi dengan Meta Sport selaku EO internasional penyelenggara Bintan Triathlon, untuk melaksanakan even akbar serupa di Babel. Saat ini, di Babel sudah memiliki Sungailiat Triathlon dan diharapkan gaungnya semakin besar untuk menjadi magnet pariwisata.

Dukungan Penerbangan
Hingga saat ini, setidaknya sudah terdapat tiga kali penerbangan langsung Tanjungpandan, Belitung-Singapura (PP). Tak hanya itu, sebab destinasi wisata di Bangka Belitung menarik perhatian wisatawan mancanegara dari Shanghai untuk terbang direct ke Belitung.

Sejumlah penerbangan ini membuktikan tingginya minat wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Bangka Belitung. Gubernur memberikan apresiasi atas dukungan pemerintah pusat dan Kementerian Pariwisata mewujudkan sejumlah penerbangan tersebut.

Saat ini, jelas Erzaldi di depan Menteri, sudah ada lima penerbangan PP Bangka-Belitung dan setiap hari fully loaded. Selain itu diharapkan pemerintah pusat mendukung airport connectivity baru ke Babel dari Denpasar. “Penerbangan itu untuk menarik wisman dari “kantong” destinasi Bali,” kata Erzaldi di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata.

Menyikapi permintaan Erzaldi, Menpar meminta Gubernur berkoordinasi dengan Staf Khusus Menpar Bidang Aksesibilitas Judi Rifajantoro dalam memformulasikan rencananya. Sejumlah deputi di Kementerian Pariwisata RI diminta untuk membantu Gubernur Babel.

Lokasi KEK
Di sisi lain, dua Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata diusulkan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung ke Kementerian Pariwisata RI. Usulan Gubernur ini juga langsung mendapat tanggapan positif dari Menteri Pariwisata Arief Yahya. Lokasi dua KEK yang disampaikan Erzaldi di antaranya, KEK Pariwisata Pantai Timur, Sungailiat, Kabupaten Bangka dan KEK Pariwisata Tanjung Gunung, Kabupaten Bangka Tengah.

“KEK adalah solusi terbesar untuk menarik investasi masuk dan mem-by pass birokrasi yang berbelit-belit di Indonesia,” tegas Menpar Arief Yahya.
Apresiasi Menpar atas permohonan Gubernur Babel langsung ditindaklanjuti dengan menugaskan Hiramsyah S. Thaib dan Azwir Malaon selaku PIC untuk mendukung terselenggaranya kedua KEK Pariwisata di Babel tersebut.

Sektor pertambangan timah sudah mulai menurun, untuk itu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung secara bertahap ingin mengalihkan sektor pertambangan timah menuju sektor pariwisata. Langkah konkret yaitu, menciptakan sebanyak mungkin destinasi wisata. “Timah turun, wisata naik,” ucap Erzaldi dalam audiensi kali ini didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ahmad Rivai beserta jajarannya.(Adv/Istari/Humasprov)