Babel Butuh Perhatian Khusus

by -

*Dari Pemerintah Pusat, Untuk Meningkat Pembangunan dan Perekenomian

PANGKALPINANG – Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) menyatakan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membutuhkan perhatian khusus pemerintah pusat, dalam meningkatkan pembangunan dan perekonomian masyarakat di daerah itu. “Saat ini kita sedang memperjuangkan provinsi kepulauan memiliki undang-undang tersendiri, agar daerah kepulauan ini memiliki kewenangan kemandirian yang lebih dibanding provinsi dataran lainnya,” kata Wakil Ketua Komite I DPD RI Fahrul Razi, Senin (10/8).
Ia menjelaskan kondisi geografis Kepulauan Bangka Belitung tidak sama dengan provinsi lainnya di Pulau Sumatera seperti Sumatera Barat, Sumatera Utara, Aceh, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan dan provinsi-provinsi dataran lainnya. “Kami menginginkan provinsi kepulauan di Indonesia memiliki perundang-undangan khusus dan kewenangan lebih, mengingat letak geografis provinsi menghadap atau berbatasan langsung dengan negara lainnya,” ujarnya. Misalnya, posisi geografis Bangka Belitung menghadap langsung dengan Malaysia, Singgapura dan negara lainnya.
“Pemerintah Pusat harus memberikan perhatian khusus kebijakan dan penganggaran, untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di provinsi kepulauan ini,” ujarnya. Untuk itu, kata dia, diharapkan pemerintah daerah untuk memberikan data dan masukan agar perancangan perundang-undangan provinsi kepulauan ini dapat cepat terealisasi. “Kunjungan kali ini untuk menjaring aspirasi masyarakat Kepulauan Bangka Belitung, agar kami tahu kebijakan atau kebutuhan apa saja yang dibutuhkan pemerintah daerah dalam peningkatan pembangunan dan perekonomian masyarakat di daerah ini,” ujarnya.(ant/rb)