Babel Miliki 30 Ribu Ha

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

PANGKALPINANG – Provinsi Bangka Belitung (Babel) saat ini hanya memiliki lahan perkebunan lada yang menghasilkan antara 28-30 ribu hektar, yang 100 persen dikelola oleh masyarakat petani.
Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan (Distanbunnak) Babel, H Toni Harapan Agung mengatakan, sebagian besar area perkebunan lada di Babel berada di Kabupaten Bangka Selatan (Basel). “Sebagian besar perkebunan lada berada di Bangka Selatan, sehingga menjadi prioritas kita untuk memberikan bantuan. Untuk 2015 ini kita mendapat bantuan dari dana APBN sebesar Rp3 miliar, untuk pengadaan bibit dan pupuk,” ujar Toni, kemarin (30/1).
Selain di Basel, bantuan sekitar Rp 1,6 miliar juga dikucurkan untuk Bangka Tengah (Bateng) yang luas perkebunan lada sekitar 100 hektar, begitu juga di Kabupaten Belitung. “Bantuan itu harus diajukan dulu kepada Dinas Perkebunan dan Pertanian, nanti dilakukan survey oleh petugas ke lapangan,” imbuhnya.
Pemprov sendiri kata Toni sudah meminta kepada masyarakat petani untuk kembali berkebun lada,  bekerja sama dengan pemerintah kabupaten. Sehingga program pemprov dapat berjalan. “Kita punya program ayo kita berkebun lada, kita samakan dulu persepsinya dengan pemerintah daerah. Agar program yang sudah kita canangkan ini, dapat berjalan dan masyarakat petani kembali berkebun lada,” bebernya.
Agar program itu dapat berjalanm, tambah Toni, pemprov Babel akan memberikan bantuan kepada kelompok tani yang sudah terdaftar. “Bagi kelompok tani yang sudah terdaftar, silahkan mendaftarkan kelompok mereka agar masuk data base kita. Kemudian kita akan memberikan pelatihan pengendalian hama terpadu,” imbuhnya.
Menurut Toni harga lada saat ini mencapai Rp160 ribu/kg, sehingga jika kondisi ini dapat bertahan lama, bisa mensejahterakan petani lada. Apalagi lada Babel ini sangat terkenal dengan papper white muntok, di pasar dunia. “Kendala petani lada saat ini yakni lahan yang semakin sempit akibat aktivitas penambangan timah. Kemudian junjung lada yang sudah sulit untuk dicari, sehingga kita menyarankan memakai junjung hidup,” pungkasnya. (cr62)

Baca Juga:  Humor Beneran

Rate this article!
Babel Miliki 30 Ribu Ha,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: