Babel Siap Sukseskan Tol Laut

by -

//Masuk Jalur Maritim Dunia

PANGKALPINANG – Gubernur Bangka Belitung (Babel), Rustam Effendi menyatakan siap menyukseskan program tol laut untuk menjadikan Negeri Serumpun Sebalai sebagai daerah jalur maritim dunia.
“Kami siap mewujudkan program kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mewujudkan Indonesia menjadi poros maritim dunia,” kata Rustam Effendi, Jumat (6/2).
Saat ini, kata dia, Pemprov Babel dan kabupaten/kota sedang berbenah meningkatkan sarana dan prasarana pelabuhan untuk memperkuat jaringan pelayaran kapal laut. “Jika fasilitas pelabuhan ini sudah memadai tentu pelayaran kapal laut yang akan lebih baik, sehingga akan berdampak positif terhadap sektor perdagangan, pariwisata dan lainnya,” terangnya.
Rustam mengatakan, Babel merupakan wilayah kepulauan berada di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) yang merupakan jalur perdagangan dunia. Beberapa pelabuhan yang masuk dalam jalur itu sendiri diantaranya, yaitu Pelabuhan Pangkalbalam, Belinyu, Tanjung Kalian, Tanjung Pandan, Manggar, Sadai, Tanjung Berikat, Pelabuhan Tanjung Batu. “Program tol laut ini jelas akan menguntungkan daerah, karena akses perdagangan antar pulau dan dunia akan semakin lancar,” ungkapnya.
Selain itu, program ini dapat menekan kenaikan harga berbagai kebutuhan pokok, karena biaya transportasi angkutan barang yang semakin rendah dan lancar. “Selama ini, untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat, Babel masih mengandalkan pasokan dari luar daerah, karena hasil pertanian petani belum memadai,” tandasnya. (ant/rb)