Bagikan Ratusan Masker, Sanem: Kesadaran Masyarakat Masih Kurang

by -
Bagikan Ratusan Masker, Sanem Kesadaran Masyarakat Masih Kurang
Bupati Belitung Sahani Saleh memasangkan masker ke salah satu pengendara.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kabupaten Belitung membagikan ratusan masker kesehatan kepada masyarakat yang melintas ataupun yang berada di sekitar Pusat Kota Tanjungpandan, Kamis (23/04).

Pembagian masker yang pimpin langsung Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) ini, sebagai bentuk penerapan program wajib menggunakan masker apabila keluar rumah, mulai Jumat (24/05). Bupati Belitung dan jajarannya menghimbau kepada masyarakat agar selalu menggunakan masker ketika aktivitas di luar rumah.

“Ada 200 orang yang tidak pakai masker, karena belum ada satu jam sudah 200 makser habis. Itu artinya kesadaran untuk menggunakan masker ini masih kurang, bahkan tadi ada yang kami paksakan untuk langsung menggunakan makser,” kata Sanem kepada Belitong Ekspres.

Menurut Sanem kedepannya, Tim Gugus harus lebih keras lagi memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk menggunakan masker ini. “Karena kalau kita lihat saat ini kurang dari satu jam saja kami temukan 200 orang tidak gunakan makser. Jadi kalau dikalikan 10 jam, ada 2000 orang tidak gunakan masker yang melintas di sini,” terangnya

Melihat situasi tersebut, Tim Gugus Tugas Covid-19 sudah berencana untuk melakukan sosialisasi penggunaaan masker “door to door” (rumah ke rumah). Sambil melakukan pembagian masker, juga memberi himbauan serta pemahaman kepada masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan.

“Nanti pelaksanannya melibatkan Gugus Tugas, aparat Desa setempat pak RT, RW serta TNI Polri, karena kita lihat tadik lah masih banyak yang tidak makai masker,” tukas Sanem.

Dia menambahkam, menggunakan maskerpun masyarakat tidak patuh. Lantas bagaimana SOP Kesehatan, seperti dengan melakukan cuci tangan, physical distancing dan sebagainya, masyarakat masih menganggap Covid -19 ini belum pandemi.

Kemudian kata Sanem, kedepan pihaknya akan memberdayakan masker kain yang diproduksi oleh UMKM lokal Belitung. “Akan kita beli lah nanti dengan dana kita, karena masker kesehatan kan terbatas,” tandas Sanem. (dod)

Editor: Yudiansyah