Bahaya, Ombak Capai 3 Meter

by -

Masyarakat Diingatkan Berhati-Hati Menyebrang ke Pulau-Pulau Kecil

TANJUNGPANDAN- Masyarakat diminta hati-hati saat menuju ke Pulau Lengkuas dan pulau-pulau kecil di Tanjung Kelayang, sebab ombak di lokasi mencapai tiga meter. Hal itu diungkapkan Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteologi Tanjungpandan Ridwanto, Rabu (10/2) kemarin.

Ridwanto mengatakan, kondisi cuaca di Belitung khususnya di laut kurang bersahabat. Sebab, saat itu Negeri Laskar Pelangi ini, masih mengalami cuaca angin barat. Ditambah lagi, dengan kondisi hujan yang diniliai relatif tinggi.

“Untuk pelayaran dari timur masih bisa dikatakan aman. Namun, untuk di arah barat, khususnya di Tanjung Kelayang, arah menuju Lengkuas, harus di waspadai, sebab ketinggian ombak saat ini sudah mencapai tiga meter,” ujar Ridwanto.

Dirinya meminta kepada masyarakat untuk berhati-hati saat membawa wisatawan yang hendak menuju pulau itu. “Jangan memaksaan jika kondisinya tidak stabil. Tetap gunakan pelampung jika tetap nekat menuju ke pulau itu,” katanya.

Sementara itu, mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat wisatawan menuju ke Pulau Lengkuas, dan sejumlah pulau kecil di Tanjungkelayang, Jajaran Polsek Sijuk memantau di Pendopo Tanjung Kelayang.

Kapolsek Sijuk AKP Kaya Simatupang mengatakan, ini dilakukan untuk mencegah tidak terjadinya hal yang berakibat fatal saat wisatawan menuju ke Pulau Lengkuas, sebab saat ini kondisi angin masih kencang.

“Angin masih memasuki musim barat, yakni di wilayah lengkuas. kita meminta kepada pemilik perahu, agar tidak membawa penumpang jika kondisi cuaca tidak memungkinkan,” ujar AKP Kaya Simatupang.

Dirinya mempersilahkan wisatawan dan pemilik perahu untuk menikmati keindahan pulau-pulau yang ada di Tanjung Kelayang. Namun, AKP Kaya mengingatkan, saat perjalan kondisi cuaca buruk harap kembali ke pendopo.

“Kami meminta pemilik perahu dan wisatawan saat melakukan perjalanan kondisinya cuaca kurang bagus, langsung cepat segera kembali dan jangan memaksakan, sebab itu akan berakibat fatal,” pungkasnya. (kin)