Bakal Produksi Air Minum Kemasan

by -

MUNTOK – PDAM Tirta Sejiran Setason Muntok, Kabupaten Bangka Barat akan mengembangkan pemasaran dengan memproduksi air minum kemasan untuk meningkatkan pendapatan PDAM sebagai perusahaan milik daerah.
“Sebagai langkah awal, kami sudah membeli sejumlah peralatan pendukung sesuai standar dan kami targetkan dalam waktu dekat sudah operasional,” kata Direktur PDAM Tirta Sejiran Setason, Chairul Amri Rani, Kamis (27/8).
Ia mengatakan, pengembangan pemasaran melalui pelayanan air isi ulang tersebut sebagai upaya nyata dari pemerintah daerah untuk menyediakan air bersih siap minum kepada masyarakat. Menurut dia, penyediaan dan pemenuhan kebutuhan air minum dan air bersih masyarakat merupakan kewajiban pemerintah dan sudah diatur dalam undang-undang. “Produksi air isi ulang kemasan galon tersebut akan segera kami luncurkan dengan merek dagang Tirta Menumbing,” katanya.
Selain memproduksi air isi ulang, kata dia, pihaknya juga sedang mempelajari untuk mengembangkan pemasaran dengan merambah pasar produksi air minum dalam kemasan gelas dan botol.
“Kami sedang melakukan pengkajian peluang pasar dan persiapan sarana dan prasarana pendukung agar usaha yang dijalankan bisa berkembang sesuai yang diharapkan,” katanya.
Ia menargetkan, usaha produksi air minum dalam kemasan gelas dan botol bisa direalisasikan pada tahun depan. “Setelas dua target tersebut terealisasi dan bisa berjalan dengan baik, kami berharap tahap berikutnya bisa menyalurkan air siap minum langsung ke rumah tangga,” katanya.
Dengan adanya distribusi air siap minum langsung ke rumah tangga, menurut dia, perusahaan daerah tersebut berhasil menjadi perusahaan seperti yang diharapkan masyarakat. (Ant/RB)