Bakar Sampah, Solar Yang Hangus

by -

TANJUNGPANDAN-Niat hati mau membakar sampah, tapi bukan sampah yang terbakar melainkan BBM solar. Peristiwa ini terjadi di Jalan Pilang RT 10 RW 02, tepatnya di Samping SPBU Pilang, Minggu (29/3) sore, kemarin.
Berdasarkan informasi yang dihimpun Belitong Ekspres menyebutkan, pada saat itu Eko (19) hendak membakar sampah. Namun, dirinya tidak mengetahui, bahwa di dekat tumpukan sampah di sebelah toko setempat ada tumpukan puluhan jerigen berisi solar. Hingga akhirnya terjadilah peristiwa kebakaran.
Api sempat membesar hingga akhirnya warga sekitar menelepon Polsek Tanjungpandan dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Belitung. Setelah mendapat laporan tersebut, anggota Polsek Tanjungpandan dan tiga unit mobil pemadam kebakaran tiba dilokasi.
Tim pemadam kebakaran butuh waktu yang lama untuk menjinakan api. Pasalnya, api tersebut berasal dari bahan sangat mudah terbakar, minyak solar. Setelah beberapa jam berusaha memadamkan api, akhirnya Damkar berhasil menjinakan si jago merah.
Kapolsek Tanjungpandan Kompol Sonny Bhakti Wibowo mengatakan, dirinya mendapat laporan tersebut dari salah satu warga. “Dugaan kuat penyebab utama kebakaran ini, karena solar yang terbakar,” ujar Kompol Sonny.
Sementara itu, Kasatpol PP Kabupaten Belitung Alkar mengatakan, pihaknya sempat kesulitan menaklukan api lantaran kebakaran disebabkan oleh minyak. Setelah disiram mengunakan pasir akhirnya api berhasil dijinakan.
“Tiga mobil kami kerahkan dalam memamadamkan api. Namun, kami sempat kesulitan untuk memadamkan api. Namun, beruntung api dapat dijinakan, sehingga tidak sempat menyebar di SPBU, yang tak jauh dari lokasi,” ujar Alkar.
Alkar menghimbau kepada masyarakat, agar tidak menimbun BBM di sembarang tempat. “Kalau mau menimbun BBM, usahakan di tempat yang aman. Sehingga tidak terjadi kebakaran,” pungkasnya. (kin)