Balon Perseorangan Harus Kumpulkan 11.123 Dukungan

by -

MANGGAR – Komisi Pemilihan Umum Derah (KPUD) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menyatakan pembukaan pendaftaran calon peserta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dari jalur perseorangan dibuka Juni 2015. Pendaftaran, tepatnya dimuali tanggal 11 hingga 15 Juni 2015.

“Berdasarkan rancangan Peraturan KPU pendaftaran pasangan calon peserta Pilkada 2015 dari jalur perseorangan dibuka pada Juni, tepatnya tanggal 11 hingga 15 Juni mendatang,” ungkap Ketua KPUD Beltim Pirmawan, Kamis (23/4) kemarin di ruang kerjanya.

Dikatakan Pirmawan, pasangan calon juga diwajibkan menyerahkan bukti dukungan yaitu minimal 10 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Beltim yang dibuktikan dengan foto kopi kartu tanda penduduk (KTP) setempat, kartu keluarga jika diperlukan serta menyerahkan bukti surat pernyataan dukungan.

“Saat ini jumlah penduduk Beltim 111.225 jiwa, sesuai dengan data agregat kependudukan per kecamatan (DAK2) per tanggal 17 April 2015. Jadi calon dari perseorangan wajib mengumpulkan sekitar 11.123 dukungan yang berasal dari minimal 50 persen kecamatan. Atau serapan tersebar minimal 5 kecamatan, dari 7 Kecamatan se Beltim, yang juga dilengkapi dengan surat pernyataan dukungan diatas materai,” jelas Pirmawan.

Setelah penyerahan bukti, lanjut Pirmawan, penyelenggara akan melakukan verifikasi berkas dan keabsahan dukungan tersebut langsung ke lapangan dengan pola acak sesuai alamat KTP Pendukung.

Menurutnya, proses itu akan memakan waktu cukup lama karena setelah diserahkan ke KPUD kemudian akan dilanjutkan ke petugas ditingkat kecamatan untuk datang ke lapangan sesuai alamat pendukung pasangan calon untuk memastikan pendukung yang riil.

Bersamaan dengan proses verifikasi pendukung pasangan calon perseorangan, pada Bulan Juli penyelenggara akan membuka pendaftaran yang diusung partai politik.

“Kami akan membuka pendaftaran Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakilnya pada akhir Juli, tepatnya pada tanggal 26 hingga 28 Juli dan perkirakan pada akhir Agustus sudah bisa ditetapkan pasangan Balon Bupati dan Wakil Bupati peserta Pilkada 2015,” paparnya.

Pirmawan yang didampingi Komisioner KPUD lainnya mengungkapkan, hingga saat ini belum ada kandidat yang secara terang-terangan mencalonkan diri menjadi peserta Pilkada 2015.

“Menurut berbagai informasi yang kami himpun dari berbagai sumber, para kandidat tersebut masih melakukan penjajakan antarpartai, mungkin mereka menunggu sampai batas akhir penutupan pendaftaran,” tutupnya. (feb)