Balon Pilkada Saling Tunggu

by -

*Hari Pertama Belum Ada Balon yang Daftar ke KPUD

MANGGAR –Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) mulai membuka pendaftaran bagi pasangan bakal calon (Balon) yang akan mengikuti Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2015, pada Minggu (26/7) kemarin. Namun sejak dibukanya pendaftaran pagi kemarin, tak satu pun pasangan balon yang mendaftar di Kantor KPUD Beltim di jalan Teuku Umar, Bukit Samak Manggar. Nampaknya para pasangan balon pilkada Beltim masih berposisi saling menunggu.

Ketua KPUD Kabupaten Beltim, Pirmawan, melalui komisionernya Suro M Siregar memperkirakan para pasangan Balon kepala daerah (Kada) yang diusung partai akan mendaftar pada Senin (27/7) hari ini.

“Belum ada yang mendaftar, diharapkan besok mereka bisa datang mendaftarkan. Tadi sempat ada rombongan Fezzy Oktolseja dari pasangan Basuri T Purnama yang diusung oleh Koalisi Indonesia Hebat (KIH) yakni utusan dari parpol PDIP, dan Nasdem. Namun kedatangannya ke KPUD Beltim hanya konsultasi terkait dengan syarat pencalonan dan syarat calon,” ujar Suro saat dihubungi Minggu (26/7) kemarin.

Dia mengatakan pendaftaran calon kepala daerah dibuka pada 26-28 Juli 2015 dengan waktu yang telah ditentukan yakni pukul 08.00-16.00 WIB. Untuk itu, Suro mengatasnamakan KPUD Beltim, menghimbau jangan sampai pasangan balon mendaftar pada detik-detik berakhirnya pendaftaran, Selasa (28/7) mendatang.
“Kita kuatir jika ada dokumen maupun syarat calon pada saat pendaftaran yang dinyatakan kurang dan untuk melengkapinya kapan lagi. Karena pada masa pendaftaran itukan, ada dokumen yang harus benar-benar disiapkan dan tidak bisa dilakukan pada masa perbaikan. Jadi, jangan nanti beranggapan ada masa perbaikan mereka bisa memperbaiki, karena pada saat pendaftaran ada dokumen yang wajib dipenuhi,” kata Suro menghimbau.
Suro mencontohkan, salah satu kelengkapan misalnya masalah syarat SK dari pusat tentang pengusungan calon dan SK kepengurusan partai pengusung. Jika nantinya tidak terpenuhi syarat tersebut tentu akan dikembalikan.

“Kan jika dokumen tersebut dikembalikan pada detik detik terakhir pendaftaran jelas itu tidak akan diterima sesuai dengan batas waktu yang ditentukan pada tanggal dan waktunya. Terkecuali ada syarat lainnya, jika pada saat pendaftaran belum lengkap maka bisa dilakukan pada saat atau masa perbaikan,” jelas Suro.

Karenanya, para pasangan calon yang mendaftar diharapkan membawa persyaratan sesuai yang telah diatur dalam Pasal 38 ayat 1 dan 2 PKPU Nomor 9 tahun 2015.
“Kan, sudah sering dilakukan sosialisasi sebelumnya, dan di PKPU itu jelas diterangkan. Jadi jika harus lebih aktif mengingatkan hal seperti ini. Marilah kita sama mempelajari peraturan yang sudah ditetapkan oleh KPU pusat. Tapi jika memang mereka (Pasangan calon-red) sudah paham dan tahu, kami rasa tidak masalah jika mereka mendaftarkan pada detik detik terakhir pendaftaran,” terang Suro.
Suro kembali menegaskan, sesuai peraturan PKPU nomor 12 tahun 2015, KPUD akan membuka penerimaan pendaftaran selama tiga hari. Dan dapat diperpanjang selama tiga hari lagi, jika tidak ada calon yang mendaftar atau hanya satu pasangan.

“Ini hari pertama, dibuka sampai hari Selasa. Pendaftaran kita terima dalam dalam jam kerja kantor, pada pukul 08.00 WIB pagi sampai pukul 16.00 WIB sore,” tutupnya. (feb)