Bangka Potensial Peternakan Sapi Potong

by -

SUNGAILIAT – Bupati dan Wakil Bupati Bangka, H. Tarmizi Saat dan Rustamsyah dengan visi misinya Bangka Bermartabat, yang salah satunya mewujudkan pertanian yang tangguh. Menurut Bupati Bangka ada empat langka untuk mewujudkan hal tersebut sehingga bisa mensejahterakan masyarakat dan kedaulatan pangan.
Keempat langkah pokok tersebut yakni peningkatan kemampuan petani dan penguatan lembaga pendukungna, pengamanan ketahanan pangan, peningkatan produktivitas, produksi dan daya saing produk pertanian, pemanfaatan hutan untuk diversifikasi usaha dan mendukung produk pangan.
Untuk itu salah satu cara pemerintah dengan meningkatkan produksi pangan dan produksi ternak di Kabupaten Bangka dengan berupaya serius dengan mengalokasikan kegiatan-kegiatan melalui penyediaan bibit sapi, dengan dukungan sarana dan prasaranan usaha peternakan sapi, penyediaan saranan dan prasarana pertanian berupa alat mesin pertanian.
“Semoga kita dapat memberikan kontribusi dan mewujudkan kedaulatan pangan di Kabupaten Bangka ini,” jelasnya. Dengan luas wilayah yang mencapai 295.068 hektar, Bangka masih sangat potensial untuk dikembangkan terutama untuk peternakan sapi potong. “Usaha pembibitan sapi masih sangat potensial untuk dikembangkan di Bangka ini,” ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, Kemas Arfani Rahman. Dikatakannya lebih lanjut, pola kemitraan dalam suatu usaha sangat diperlukan terutama usaha ternak dengan sistem Gaduhan dengan berintegrasi sawit.
“Gaduhan ini dapat sepasang, kembali tiga karena adanya anakan dengan berintegrasi dengan kelapa sawit, karet juga,” jelasnya. Diharapkan Kemas, bantuan ini bisa mewujudkan kedaulatan pangan di Kabupaten Bangka. “Kita berikan alat mesin dan sapi ini, dimanfaatkan dengan benar sehingga bisa mensejahterakan masyarakat,” tukasnya.(rel)