Bangun Bandara Target Selesai 2017

by -

*Sejumlah Maskapai Sudah Survei, Depo Avtur Siap Dibangun

TANJUNGPANDAN-Bupati Belitung Sahani Saleh  menyebut akhir tahun 2017 seluruh aktivitas pembangunan Bandara HAS Hanandjoeddin, ditargetkan selesai. Itu sesuai keinginan Menteri Perhubungan RI Ignasius Jonan setelah beberapa kali berkunjung ke Belitung.
Saat ini seluruh dokumen berkaitan dengan pembangunan bandara sudah lengkap. “Itu la selengkap-lengkapnya. Itu akan direncanakan proses lelang selambatnya September 2016,” kata Sanem-panggilan akran Bupati, akhir pekan lalu.
Jika selesai tepat waktu, otomatis Januari 2017 sudah mulai pelaksanaan. Sejauh ini ada beberapa maskapai yang ingin membuka rute baru di Bandara H AS Hanandjoedin Buluh Tumbang. Diantaranya Exspres Air, Batik Air, dan Air Asia.
“Itu sebetulnya Exspres yang siap, pernah juga Batik Air, kemudian Air Asia la pernah survey. Tapi Air Asia ini persoalannya status bandara, kita statusnya kelas A, tinggal dari kelas A meningkatkan ke bandara internasional,” tukasnya.
Tahun 2017 bandara akan memiliki panjang landasan (run away) 2800 meter, sementara lebar 45 hingga 50 meter. Jika run away untuk mencapai 3000 meter, itu ada persyaratan lain. Salah satunya harus ada pelebaran lagi. “Than 2017 ini lebar 45 meter hingga 50 meter, panjang 2800, itu pesawat apa saja bisa mendarat,” tukasnya.
Sementara bagian pengisian avtur juga jadi bahan perencanaan. Kata Sanem, anak perusahaan PT Pertamina sudah pernah survei di Belitung. Keberadaan terminal (depo) avtur untuk memberikan fasilitas pesawat yang parkir.
“Iye, makanya Pertamina akan membangun tangki (depo) avtur, jadi otomatis pesawat bisa menginap. Mereka (maskapai,Red) ingin terbang sore,” ujarnya. (ade)