Bangun Pariwisata, Butuh Sinergi SKPD

by -

*Desa Wisata Terong Terus Bergerak, Potensi Bukit Tebalu Butuh Jalan

44beb-IR-HERMANTO-2
Hermanto

SIJUK-Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Belitung, Ir Hermanto meminta kepada satuan kerja perangkat dinas (SKPD) di Pemkab Belitung, untuk bersatu dan saling bersinergi dalam rangka percepatan pembangunan pariwisata di Belitung. Sebab, tanpa sinergi tersebut, sebuah keniscayaan pariwisata bisa berkembang pesat.

“Saya mengajak semua SKPD di Pemerintah Kabupaten Belitung untuk saling mendukung untuk kemajuan pariwisata. Dinas PU, Dinas Perhubungan, Dinas Kehutanan, Dinas Tenaga Kerja dan semua dinas lah, mari sama-sama bekerja keras dan bersama-sama masyarakat mewujudkan pembangunan pariwisata dengan prinsip dasar manfat sosial, ekonomi, budaya dan lingkungan hidup yang berkelanjutan seperti ditandaskan Bupati Belitung,’’ papar Hermanto pada acara Diskusi Pariwisata di Desa Terong, Rabu (18/5), malam.

Seperti pembangunan dan percepatan Desa Wisata Terong. Salah satu pekerjaan rumah yang kini harus terus didorong terkait pembangunan sektor pariwisata, yakni aksesbilitas. Potensi Bukit Tebalu yang memiliki keindahan alam, dengan status hutan produksi, harus terus didorong bisa menjadi hutan kemasyarakatan. Dengan demikian, kelompok produktif masyarakat bisa memanfaatkan hutan melalui jasa lingkungan, dengan tetap mengindahkan aturan yang ada.

“Potensi Bukit Tebalu yang berada dekat dengan jalur emas pariwisata,  jalan utama Tanjungpandan-Tanjung Kelayang,  tentu sangatlah strategis. Akses jalan yang sudah dirintis masyarakat dengan persetujuan dan sepengetahuan Dinas terkait, harus terus didukung,’’ papar Hermanto pada acara yang juga dihadiri Bupati Belitung Sahani Saleh.

Menurut Hermanto, jika akses jalan menuju Bukit Tebalu bisa teralisasi, syukur-syukur sampai tembus ke Desa Aik Seruk, maka akan sangat membantu perkonomian. Jadi tak sebatas, akses menuju lokasi Bukit Tebalu yang kini potensi wisatanya dikelola oleh kelompok Bukit Tebalu Simpor Laki (BTSL).

“Saya melihat, adanya akses yang bisa dikatakan jalan tembus dengan melintasi hutan, perkonomian masyarakat juga meningkat. Sebab, tak sedikit hasil barang termasuk hasil laut seperti ikan tangkapan nelayan atau hasil kebun masyarakat Terong yang dijual ke kawasan Aik Seruk dan sekitarnya,’’ ungkap Hermanto kepada Belitong Ekspres.

Dia menambahkan, dengan adanya perpindahan kewenangan sejumlah perizinan sektor kehutanan ke Pemerintah Provinsi, bukan menjadi halangan. Sebab, dia menilai, Gubernur sangat support dengan pembangunan pariwisata Belitung. Termasuk upaya masyarakat dengan membuat destinasi-destinasi baru, apalagi dengan konsep pembangunan pariwisata berbasis kemasyarakatan (community based tourism development).

“Semoga kita semua SKPD dengan dukungan penuh Pak Bupati dan Gubernur, Belitung akan lebih cepat maju. Dan masyarakat akan bisa bergerak cepat dengan kreatifitasnya, sehingga mampu mendorong semangat masyarakat mewujudkan desa wisata yang mandiri dan berkemajuan,’’ pungkasnya.

Terpisah, Ketua Kelompok BTSL, Maulidi kepada BE mengatakan, masyarakat sudah sepakat menjadikawan kawasan hutan ini sebagai kawasan pariwisata berbasis kemasyarakatan. “Semoga Dinas Kehutanan dan dinas terkait bersama pemerintah desa mengupayakan pemanfaatn hutan Bukit Tebalu sebagai kawasan hutan yang bisa diambil jasa lingkungannya demi pariwisata,’’ ucap Maulidi.(agu/be)