banner 728x90

Banjir Rendam 3 Rumah

Life at ease with amazing nature| Leebong island

*Capai 1,5 meter, Potensi Hujan 3 Hari ke Depan

utama-edisi-30-januari-2017

Rumah warga di Dusun Aik Rayak Barat Desa Aik Rayak Kecamatan Tanjungpandan,yang direndam banjir, Minggu (29/1) kemarin. Foto : belitongekspres.co.id

TANJUNGPANDAN-Hujan seharian yang menguyur Kawasan Tanjungpandan dan sekitarnya merendam tiga rumah di Dusun Aik Rayak Barat Desa Aik Rayak Kecamatan Tanjungpandan,Minggu (29/1) kemarin.

Hujan yang turun sejak malam hingga sore hari kemarin menyebabkan debit air sempat mencapai setinggi pundak orang dewasa. Namun, kondisi banjir tersebut justru dimanfaatkan warga sekitar untuk mencari ikan.

Pantauan Belitong Ekspres, dengan peralatan seadanya seperti jaring lantas, warga sekitar memanfaatkanya untuk menangkap ikan. Mulai dari ikan baung, ikan kopras, ikan ban, ikan sebarau berhasil di tangkap warga.

Salah seorang warga Doyok pada Belitong Ekspres mengatakan, hujan hari ini (kemarin-red) paling terparah semenjak tiga tahun silam. Sebab, tinggi air sempat mencapai pundak orang desa.

“Kalau di pinggir palingan air setinggi mata kaki, tapi jika semangkin ke belakang rumah tinggi air bisa mencapai 1,5 meter,”katanya.

Menurutnya, tingginya air tersebut lantaran kondisi permukaan tanah di rumahnya menurun. Sehingga, semangkin ke belakan akan semangkin dalam. Selain itu, penyebab lainnya adalah daya tampung aliran sungai sekitar jembatan tidak bisa menampung derasnya debit air yang menggalir.

“Sekalian aja nangkap ikan mumpung sudah basah lumayan buat dipeliharan atau dimakan,”pungkasnya.

Sementara itu, Stasiun Meterologi Tanjungpandan memperkirakan kondisi cuaca di Pulau Belitung berpotesi hujan ringan dan sedang hingga tiga hari  mendatang.

Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi Bandara H AS Hanandjoedin Tanjungpandan mengatakan, itu terjadi karena pusaran angin yang terdapat pada awan rendah.

“Hujan yang mengguyur kawasan tanjungpandan seharian ini (kemarin-red) diperkirakan masih akan berlangsung hingga dua dan tiga hari mendatang,”ujar Ridwanto kepada Belitong Ekspres Minggu (29/1) kemarin.

Selain itu, potensi hujan terjadi lantaran pada awan rendah terdapat pusaran angin atau yang biasa disebut EDI.

“Jadi hal tersebut menyebabkan hujan dengan waktu yang cukup lama meski intensitas hujan ringan dan sedang. Selain itu pada saat awal mau hujan Petir se-sekali akan muncul,”jelasnya.

Kata Ridwanto, untuk tinggi gelombang rata-rata mencapai 0,5 meter sampai 1,5 meter. Namun, itu tidak menutup kemungkinan tinggi gelombang bisa mencapai 2 meter sampai 3,5 meter untuk perairan belitung bagian utara.

Menurutnya, untuk kecepatan angin masih terbilang normal berkisar antara 14 Knot sampai 15 Knot. Untuk itu masyarakat terutama nelayan harus tetap waspada sebab, sewaktu-waktu kecepatan angin bisa diatas 15 Knot.

“Jadi saya menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terutama para nelayan yang ingin melaut karena gelombang dan kecepatan angin bisa berubah sewaktu-waktu. Apalagi kondisi cuaca masih akan hujan hingga beberapa hari kedepan meski dengan Intensites rendah dan sedang,”tandasnya. (mg1)

Rate this article!
Banjir Rendam 3 Rumah,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: