Bank SumselBabel Cabang Manggar Serahkan Bantuan Bagi Destinasi Wisata

by -
Bank SumselBabel Cabang Manggar Serahkan Bantuan Bagi Destinasi Wisata
Pimpinan Bank SumselBabel cabang Manggar, Mas Ely Warsal menyerahkan sejumlah bantuan perlengkapan kesehatan bagi destinasi wisata di Kabupaten Belitung Timur (Beltim). Bantuan diterima langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Beltim, Evi Nardi, Selasa (30/6) kemarin. (Istimewa)

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Pimpinan Bank SumselBabel cabang Manggar, Mas Ely Warsal menyerahkan sejumlah bantuan perlengkapan kesehatan bagi destinasi wisata di Kabupaten Belitung Timur (Beltim). Bantuan diterima langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Beltim, Evi Nardi, Selasa (30/6) kemarin.

Bantuan tersebut rencananya akan segera di distribusikan ke sejumlah destinasi wisata yang dibuka pada saat pemberlakuan new normal di Kabupaten Beltim. Beltim sendiri merupakan satu-satunya daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diperbolehkan memberlakukan new normal bersama 101 daerah lainnya se Indonesia.

Pimpinan Bank SumselBabel cabang Manggar Mas Ely Warsal seusai penyerahan bantuan mengatakan bank SumselBabel sebagai mitra membangun daerah berkomitmen untuk mendukung dibukanya tempat-tempat pariwisata di Belitung Timur. Karenanya, bank SumselBabel mewujudkannya dengan semangat penerapan protokol kesehatan di segala bidang khususnya pariwisata.

“Sehubungan dengan rencana Dinas Pariwisata untuk menggalakkan lagi pariwisata di Beltim tapi tetap sesuai dengan ptotokol yang ada, jadi bank SumselBabel memberikan bantuan kepada Pemda khususnya Dinas Pariwisata yaitu berupa alat untuk pencuci tangan, thermogun, face shield dan masker serta hand sanitizer,” ujar Mas Ely.

Melalui penyerahan bantuan, bank SumselBabel berharap meningkatnya pariwisata dan menggalakkan pariwisata di Beltim tapi tetap menjaga protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran Covid 19.

“Sesuai dengan program Dinas Pariwisata, untuk tahap awal ini memang yang dilaksanakan pembukaan ada 4 destinasi. Insya allah siap, bank SumselBabel siap mendukung program kerja dari kegiatan Kabupaten Beltim yang dalam hal ini Dinas Pariwisata,” jelas Mas Ely.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Beltim Evi Nardi membenarkan jika bank SumselBabel menjadi bagian penting dalam mendukung dibukanya sektor pariwisata yang akan dibuka kembali. Adapun bantuan perlengkapan kesehatan akan disebar di empat destinasi yaitu Open Pit Nam Salu, Pantai Burung Mandi, Tebat Rasau dan Replika Laskar Pelangi.

“Jadi karena kita sudah new normal, tatanan baru khususnya ekonomi masyarakat di bidang pariwisata makanya kita Dinas Pariwisata akan memberikan bantuan ini (kembali) agar mereka (pengelola tempat wisata) menerapkan SOP di beberapa objek wisata di era new normal,” ujarnya.

Evi juga menegaskan agar pengelola tempat wisata memperhatikan protokol kesehatan bagi setiap pengunjung. Seperti penerapan phisical distancing dan wajib pemakaian masker.

“Kalau pun tidak ada, mungkin pihak pengelola akan melarang masuk ke objek wisata tersebut. Tapi kawan-kawan pengelola wisata juga karena sifatnya untuk peningkatan ekonomi masyarakat kreatif, mereka juga menyiapkan masker yang dapat dibeli tamu atau pengunjung yang akan ke objek wisata,” sebut Evi.

Evi pun mengaku, antusias masyarakat yang ingin berkunjung ke tempat pariwisata cukup tinggi. Sebab hampir 4 bulan, tempat wisata di Kabupaten Beltim ditutup akibat terdampak Covid-19. Rencananya, simulasi penerapan SOP di tempat wisata akan dilakukan besok (hari ini) agar pengelola dapat menjalankannya.

“1 Juli sudah kembali dibuka dengan tetap memperhatikan SOP yang dibuat Dinas Pariwisata dan mempedomani protokol kesehatan. Kalau objek wisata sekitar 4 bulan ditutup dan pasti wisawatan lokal pasti menunggu karena selama ini sudah jenuh tinggal di rumah saja dan mereka membutuhkan refresing mengajak keluarga untuk ke temlat wisata terutama wisata pantai,” tutupnya. (msi)

Editor: Yudiansyah