Bank SumselBabel Salurkan Rp 2 M

by -

*Kredit UKM dengan Menggandeng Pemkab, Bunga Hanay 3% per Tahun

TANJUNGPANDAN-Komitmen Bank SumselBabel, termasuk Cabang Tanjungpandan untuk mengangkat kemajuan sektor usaha kecil dan menengan (UKM), ternyata sudah dilaksanakan dengan baik. Setidaknya, kepedulian kepada UKM itu dilakukan dengan memberikan kredit bunga ringan dengan pinjaman mulai sampai dengan Rp 50 juta.
“Pencairannya sampai sakrang di atas Rp 2 miliar total yang masih berjalan,” kata Bagian Penyelia Kredit dan Pemasaran Ari Lesmana, usai acara penyaringan undian berhadiah di halaman kantor Bank SumselBabel, Sabtu (22/8) kemarin.

Program yang berjalan sejak tahun 2008 ini juga memberikan potongan subsidi. UKM hanya membayar bunga tiga persen per tahun. Lantas, UKM bisa mendapatkan pinjaman maksimal Rp 50 juta. “Maksimal 50 juta dalam jangka waktu dua tahun,” kata Ari.

Rata-rata masyarakat Belitung mengambil pinjaman mulai dari Rp 20 hingga Rp 50 juta. Tujuh tahun berjalan tingkat kredit macet sangat kecil.  “Kalau saya lihat karakteristik masyarakat Belitung pembayaran cukup baik,” ujarnya.
Kepala Bank SumselBabel Cabang Tanjungpandan Bari Ari Windoko mengatakan, program ini sudah berjalan cukup baik dengan mampu merekrut jumlah UKM relatif banyak. “Tujuannya memang ke usaha kecil supaya mereka punya modal dengan bunga ringan sesuai arahan dari Pemerintah Pusat. Alhamdulilah 80 persen sudah terserap, termasuk adanya beberapa rekomendasi dari dinas terkait,” ujarnya. (ade)