Bantu Renovasi Pasca Banjir

by -

PANGKALPINANG – Setelah memberikan bantuan sebesar Rp100 juta untuk korban banjir di Kota Pangkalpinang beberapa waktu lalu, kini Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Bangka Belitung kembali memberikan bantuan berupa renovasi pembangunan pasca banjir. Total bantuan yang disebarkan di delapan titik wilayah banjir ini sebesar Rp80 juta.
Serah terima bantuan ini langsung diwakilkan Ketua Kadin Babel Thomas Jusman kepada warga yang disaksikan oleh Walikota Pangkalpinang, Muhammad Irwansyah.
Kedepan penerima bantuan renovasi tersebut diantaranya Puskesmas Pembantu di Kelurahan Pintu Air sebesar Rp15 juta, TPA An-Nur Rp15 juta, Masjid As-Syukur Rp4,85 juta, Gereja Bethel Indonesia Kelurahan Bintang Rp4 juta, renovasi rumah milik Ahon warga Kelurahan Bintang Rp3,7 juta, renovasi rumah milik Sumarto warga Kelurahan Parit Lalang Rp9,225 juta, renovasi Klenteng di Jalan Bahagia Rp3,62 juta.
Ditemui di sela-sela penyerahan bantuan, Thomas menuturkan bahwa bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Kadin Babel terhadap korban banjir. Katanya, bantuan ini diberikan kepada bangunan yang benar-benar layak untuk direnovasi.
“Bantuan ini ada dua bagian, pertama kita berikan saat terjadinya banjir dan bantuan pasca banjir. Nah untuk pasca banjir ini kami memberikan bantuan renovasi. Dan kebanyakan yang kita bantu adalah fasilitas umum seperti pustu, masjid, gereja dan klenteng,” kata Thomas.
Diakui Thomas, nilai bantuan yang diberikan memang tidak terlalu besar. Namun hal ini setidaknya bisa meringankan beban masyarakat yang terkena banjir.
“Jadi bantuan ini tidak ada maksud apa-apa, ini sebagai bentuk semangat gotong royong yang digalakkan Pak Walikota. Dan disini kita mau memastikan bahwa pengusaha di kadin tidak semata-mata mencari keuntungan saja, tetapi juga merupakan makhluk sosial yang juga peduli terhadap masyarakat,” tegas Thomas.
Oleh karenanya, dia berharap dengan hadirnya Walikota dalam pemberian bantuan ini bisa menjadi pemicu kegiatan ini, sehingga semangat gotong royong ini akan terus berlangsung dan tidak akan pernah berhenti.
“Makanya di sini kami juga mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah ikut peduli membatu korban banjir, dimana kita harap nanti kalau ada kekurangan pemerintah daerag bisa membantunya,” ucapnya.
Selain memberikan bantuan renovasi bangunan warga, lebih lanjut dikatakan Thomas, pihaknya juga berencana membantu pembangunan Yayasan Penyantunan Anak Yatim dan Lansia Al-Ikhlas. Katanya, bantuan yang akan ikucurkan sebesar Rp250 juta.
“Mudah-mudahan bantuan yang kita berikan ini bisa bermanfaat, dimana para korban banjir kita diharapkan bisa lebih sedikit tenang dalam menghadapi pasca banjir ini,” katanya.
Adanya bantuan ini tentunya disambut baik oleh Walikota Pangkalpinang, Muhammad Irwansyah. Bahkan dirinya mengucapkan terima kasih atas kepedulian Kadin Babel terhadap warga Pangkalpinang.
“Kita berterima kasih adanya bantuan ini, memang Kadin Babel ini sudah banyak membantu tanggap darurat dan pasca banjir. Mudah-mudahan bantuan ini tepat sasaran,” kata Irwansyah.
Selaku pemerintah daerah, diakui Irwansyah, dengan adanya bantuan ini pihaknya merasa sangat terbantu sekali. Hal ini dikarenakan penggunaan anggaran pemerintah tidak bisa dikerjakan secara langsung dan harus melalui prosedur yang ada.
“Jadi dengan adanya bantuan ini kita harapkan semangat gotong royong bisa berjalan maksimal. Memang saat ini semangat gotong royong tak terlihat, tapi ini bukti nyata, semoga Allah memberikan keberkahan kita semua,” tandas orang nomor satu di Pangkalpinang ini. (pas)