Banyak Arsip SKPD Hilang

by -1 views

TOBOALI – Kepala Kantor Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Yusdiana menilai kesadaran setiap Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk menjaga kearsipan daerah masih rendah. Pentingnya arsip sebagaiĀ  aset negara terkesan diabaikan oleh SKPD, bahkan dalam laporan banyak arsip yang hilang.
Hal inilah, menurut Yusdiana, muara Pemkab Basel diberi cap disclaimer atau opini tidak menyatakan pendapat yang diterbitkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). “Ya sangat disayangkan banyak arsip vital yang hilang cuma-cuma seperti arsip pertanahan, batas wilayah dan kependudukan,” terangnya kepada Radar Bangka disela-sela Sosialisasi Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang kearsipan dan jadwal retensi arsip di Grand Marina Hotel, Selasa (11/8) kemarin.
Masih menurut Yusdiana, mengenai hal ini pihaknya sudah memberi himbauan kepada kepala seluruh kantor atau SKPD untuk menjaga arsip dengan baik, bahkan tim dari kantor sudah melakukan sistem jemput bola ke SKPD jika ada yang ingin dititipkan di BPAD Basel.
“Kami ambil jemput arsip ke SKPD termasuk arsip in aktif. Tugas kami melakukan pembinaan, pendataan dan penataan arsip ke SKPD maupun ke desa-desa. Ke depan setiap SKPD harus ada satu tenaga khusus kearsipan dalam memilah mana arsip yang dimusnahkan dan ada arsip yang dipermanenkan. Rencananya pada 2016 kita akan menyediakan depo atau gudang khusus arsip yang dijamin kerahasian dan keamanannya,” tukasnya.(bim)