Banyak Drainase di Pangkalpinang Tersumbat

by -

*Dewan Himbau Pemkot Turunkan Tim

PANGKALPINANG-Banjir yang kerap terjadi di sekitar lokasi pasar pagi tepatnya di jalan Ahmad Yani Pangkalpinang kerap menjadi keluhan warga. Pasalnya, tidak sedikit dari drainase atau saluran air tersumbat sehingga mengakibatkan air hujan tidak tertampung sehingga mengenangi badan jalan. Untuk itu warga meminta pemerintah kota untuk dapat menurunkan tim untuk melihat secara langsung kondisi drainase.

“ Sudah bukan rahasia lagi kalau disini sering banjir. Saluran air tidak berfungsi pak,” ungkap Laila (45) warga Bukit Merapen, Pangkalpinang, Senin (30/5) kemarin.

Sementara itu ditambahkan Warsito, pedagang lontong sayur dilokasi pasar pagi mengungkapkan keberadaan saluran air di depan pasar pagi sendiri sudah tidak berfungsi secara maksimal. Pasalnya sebagian saluran air tersebut sudah dipenuhi sampah sehingga air tidak mengalir sebagaimana mestinya. Untuk itulah peranan pemerintah dalam hal ini dinas terkait agar dapat turun kelokasi sangat diharapkan warga.

“ Ada baiknya memang pejabat turun kelapangan. Lihat saluran air yang tersumbat, jika sudah tau apa masalahnya hendaknya segera diatasi. Bila perlu turunkan petugas untuk membersihhkan saluran air tersebut,”jelas Warsito.

Sementara anggota DPRD Babel Ferdiansyah  menghimbau pemerintah kota supaya bisa mengirimkan tenaga ahli untuk mengkaji daerah pasar pagi sering terkena dampak banjir. “Ini merupakan wewenang Pemkot Pangkalpinang, kami dari DPRD menghimbau agar bisa mengirimkan staf ahlinya untuk melakukan kajian, dari sana akan diketahui, dan apa yang menjadi masalah kota Pangkalpinang agar dapat diselesaikan oleh Pemkot Pangkalpinang itu sendiri,” ujar Ferdiansyah angota DPRD Babel dapil kota Pangkalpinang ini.

Dalam kesempatan inipula, Ferdiansyah turut menghimbau masyarakat agar waspada bahaya banjir, saat ini pemerintah dalam mengatasi banjir sedang dilakukan yakni memperdalam kolong-kolong dan kolam retensi dari segi infrastruktur. ”Insya Allah jika proyek-proyek yang sedang berjalan selesai masalah banjir dapat segera diatasi,”jelasnya.(cr1)