Banyak Tunggakan, PLN Minta Bantuan JPN

by -

*Per Januari 2015 Tunggakan Pelanggan Rp 1,2 Miliar

TANJUNGPANDAN – Tunggakan pelanggan PLN per Januari 2015 mencapai Rp 1,2 miliyar rupiah. Angka tersebut fantastis naik dibanding tunggakan per Desember 2014 yang hanya Rp 300 juta rupiah.

“Rp 1,2 miliar tunggakan per Januari. Naik per Desember ada sekitar 300 juta dari sekitar 2000 pelanggan diperkirakan,” kata Kepala Cabang PLN Tanjungpandan Donny Adriyansyah usai penandatanganan MoU bidang hukum perdata dan tata usaha negara dengan Kejaksaan Negeri Tanjungpandan, di kantor PLN Tanjungpandan, Kamis (5/2) kemarin.

Tunggakan masih menjadi masalah PLN hingga kini. Ia mengatakan budaya terlambat bayar listrik masih melekat, padahal tagihan listrik untuk operasional. Bukan hanya masyarakat, rupanya instansi pemerintah juga banyak yang menunggak.

“Sama, ada masyarakat dan instansinya,” kata Donny.

Ke depan dengan adanya MoU dengan Kejaksaan, PLN akan meminta bimbingan dalam hal penagihan tunggakan. PLN akan menfaatkan jaksa pengacara negara (JPN) untuk membantu penagihannya.

“(Kita) Bisa menggunakan tunggakan untuk JPN sebagai mediasinya apa sih kendalanya untuk mempercepat kembalinya uang negara,” ujarnya. (ade)