Basuri Berharap Perbaiki Metode Pengajaran

by -3 views

MANGGAR- Pada Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini, Bupati Belitung Timur (Beltim) Basuri T Purnama meminta agar Dinas Pendidikan dan guru-guru di Kabupaten Beltim memperbaiki sistem metode pengajaran dan pembelajaran terhadap siswa di sekolah.

Ia menilai metode selama ini masih kurang efektif meningkatkan prestasi dan kemampuan mayoritas siswa dalam menyerap ilmu yang diajarkan. Namun, Ia menekankan kesalahan bukan pada pendidik tapi lebih kepada metode pengajaran.

“Ini kritik untuk sistem pengajaran kita dan harus kita perbaiki. Kenapa saya bilang salah, hasilnya itu yang kurang. Ini bukan karena guru kita tidak benar, tetapi ada yang harus diperbaiki pada sistem pengajarannya,” ungkap Basuri seusai meresmikan Unit sekolah baru SMA Negeri 1 Damar, Sabtu (2/5) akhir pekan kemarin.

Orang Nomor Satu di Kabupaten Beltim ini mengungkapkan, selama ini ia masih mendengar laporan ada guru-guru serta sekolah yang menyuruh siswanya untuk belajar menghapal, bahkan mencatat. Ia beranggapan metode seperti itu sudah bukan jamannya lagi.

“Anak-anak kita tidak boleh dibebani dengan banyak hapalan. Mereka harus banyak membaca, menulis, serta diskusi, itu kuncinya. Guru sebaiknya memberikan tugas yang membuat siswa jadi ingin belajar sendiri atau kelompok, mencari data informasi dari buku ataupun internet,” kata Basuri.(feb)