Basuri Bisa Terima Hasil Sementara

by -

*Hasil Pernghitungan di TPS 8, Paslon Nomor 3 Menang

GANTUNG-Calon bupati dari paslon nomor 3 Basuri T Purnama menyatakan bisa menerima hasil sementara pemungutan suara pilkada serentak Beltim 2015, 9 Desember 2015, kemarin. Meski hasil real count (penghitungan riil) masih bersifat sementara, namun Basuri T Purnama nampaknya sudah menerima dengan lapang dada akan hasil pilkada, kemarin.

Pantauan Belitong Ekspres di Pokso Paslon nomor 3 di Gantung kemarin, meski perhitungan real count belum selesai dilakukan, Basuri sudah ingin mengucapkan selamat kepada Paslon nomor urut 1.

“Mungkin masyarakat sudah tidak menginginkan saya lagi, saya terima aja lah. Ini juga saya mau ke Manggar, mau nyucapin selamat kepada Paslon nomor urut 1,” ujar Basuri kepada Belitong Ekspres, kemarin.

Sementara Cabup Belitung Timur (Beltim) Basuri T Purnama melakukan pencoblosan di TPS 8 Gedung SMP Nasional Gantung, Rabu  (9/12) pagi sekitar pukul 09.55 WIB. Basuri menggunakan hak pilih didamping istrinya Linda.

Dengan berjalan kaki, keduanya kompak menggunakan baju batik berwarna ungu menuju lokasi TPS yang berjarak sekitar 200 meter dari kediamannya di Jalan KA Bujang, Desa Lenggang.

Sesampai di lokasi TPS Basuri dan istri senyum sumbringah menyapa warga yang juga ingin melakukan pencoblosan. Usai nyoblos keduanya memperlihatkan jari tangan yang sudah dicap tinta. “Untuk masalah pilihan kita serahkan ke masyarakat, karena saya yakin masyarakat Beltim merupakan pemilih yang cerdas,” kata Basuri kepada sejumlah wartawan, sebelum meninggalkan lokasi TPS.

Di TPS yang merupakan kandang Cabup ini, terdapat 340 mata pilih, terdiri dari 177 pemilih laki-laki dan 163 pemilih perempuan. Sebelum Basuri dan istrinya melakukan pencoblosan, ada sekitar 110 orang pemilih yang telah  memberikan  hak suara  di TPS 08 ini.

Untuk hasil perhitungan suara oleh KPPS, yang selesai pukul 13.52 WIB, paslon nomor urut 3 ini, meraup 141 suara, Paslon nomor urut 1 Yuslih Izha-Burhanudin 60 suara, dan Paslon nomor urut 2 Usmandi Andeska-Musdiana18 suara. Paslon bertagline Semangat Baja ini, unggul 81 suara di “Kandang” dari Paslon bertagline Berlian.

TPS 8 merupakan TPS tempat Basuri dan istrinya Linda mencoblos, yang berjarak sekitar 200 meter dari kediamannya di Jalan KA Bujang, Desa Lenggang. Berdasarkan DPT ada 340 pemilih di TPS ini, terdiri dari 177 pemilih laki-laki dan 163 pemilih perempuan. Total pemilih yang hadir ke TPS berjumlah 221, dengan suara yang sah 219 suara dan suara tidak sah 2 suara. (yud)

 

 

Jumlah dpt: 340

Jumlah pemilih yg hadir: 221

Paslon 1:60
Paslon 2: 18
Paslon 3: 141

Suara tidak sah: 2

 

Berlian Unggul Sementara, Basuri Ingin Ucapkan Selamat

GANTUNG-Pasang calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Beltim, Yuslih-Burhanudin, unggul dalam perhitungan sementara perolehan suara di Pilkada Beltim, Rabu (9/12) hingga  sekitar pukul 15.21 WIB.

Ini berdasarkan hasil real count di Posko Pemenangan Paslon Basuri T Purnama-Fezzy Oktolseja di belakang kediaman Basuri, di Jalan KA Bujang Desa Lenggang, Kecamatan Gantung.

Padahal saat itu, berdasarkan real count yang digelar Paslon Baja ini, data yang masuk baru 18.850 suara, dengan suara tidak sah 107 suara. Yuslih yang berpasangan dengan Burhanudin unggul dengan perolehan 9.521 suara atau 50,51 persen.

Sementara Paslon nomor 2, Usmandie Andeska-Musdiyana 15,26 persen atau 2.876 suara, dan paslon nomor 3, Basuri-Fezzy memperoleh 34,23 persen atau 6.453 suara.

Keunggulan perolehan suara Paslon Berlian, diterima dengan lapang dada oleh Basuri. Bahkan walaupun perhitungan real count belum selesai dilakukan, Ia ingin mengucapkan selamat kepada Paslon nomor urut 1.

“Mungkin masyarakat sudah tidak menginginkan saya lagi, saya terima aja lah. Ini juga saya mau ke Manggar, mau nyucapin selamat kepada Paslon nomor urut 1,” ujar Basuri kepada Belitong Ekspres. (yud)