Basuri Diberi Gelar Dato’ Oleh Kesultanan Palembang

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

MANGGAR – Bupati Belitung Timur (Beltim), Basuri T Purnama, mendapat anugrah dan gelar Dato’ dari Sultan Palembang Darussalam. Sultan Mahmud Badarudin (SMB) III menganugerahkan gelar Darjah Paduka Mahkota Palembang (DPMP), Dato’ Pangeran Adipati, pada acara penganugerahan Gelar Budaya di Ballroom Hotel Arya Duta Palembang, Senin (27/4) Malam.

Seusai penganugerahan itu, Title lengkap Basuri kini menjadi Dato’ Pangeran Adipati dr. Basuri Thajaja Purnama M.Gizi Sp.GK., D.P.M.P. Selain memberikan gelar kepada Bupati Beltim, Kesultanan Palembang Darussalam juga memberikan gelar kebangsawanan lainnya kepada 30 orang warga negara Malaysia dan Singapura, serta 15 orang warga Indonesia.

Gelar ini diberikan kepada pemimpin daerah, lembaga negara, pengusaha atau pun warga biasa yang dianggap memliki kontribusi dalam mengangkat budaya melayu di Indonesia, Malaysia, Singapura dan Brunai Darussalam.

Terkait soal pemberian gelar oleh Kesultanan Palembang SMB III, Prabu Diraja Al Hajj berharap penganugerahkan akan meningkatkan kerjasama ekonomi dan budaya anatara Indonesia, Malaysia serta Singapura.

Baca Juga:  Soal Pengiriman Zirkon, PT PPMM Klaim Legalitas Lengkap

“Saya berharap dengan adanya penganugerahan ini akan memajukan kebudayaan melayu yang ada di Belitung serta Palembang. Penganugerahan ini juga merupakan bagian dari pelestarian budaya Islam dan Melayu,” ujar Prabu Diraja seperti yang sudah dirilis melalui Humas Beltim Selasa (28/4) kemarin.

Ia juga menyesalkan banyak tokoh serta budayawan yang ingin mengangkat dirinya sebagai Sultan, kendati mereka tidak memiliki hak atau trah keturunan sultan. Ia menekankan agar jangan ada pihak-pihak yang berupaya untuk menyelewengkan pandangan masyarakat terhadap gelar Sultan.

“Janganlah memakai gelaran yang mirip kami. Kami ini adalah keturunan sah, silahkan lihat silsilah keturunan keluarga kami. Pelajari sejarahnya!,” tegas Prabu Diraja.

Sementara itu, Bupati Beltim yang juga sempat dikonfirmasi harian ini, mengaku bersyukur dan sangat berterima kasih atas pemberian gelar bagi dirinya.

Ia yakin penganugerahan akan meningkatkan silaturahmi antara Kabupaten Beltim dengan Malaysia yang serumpun Melayu.
“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Kesultanan Palembang dan Malindo Busines & Cultural Center (MBCC) ata bantuan mempromosikan Belitung di luar negeri. Saya akan menjaga kepercayaan dan penghargaan yang telah diberikan. Saya yakin dengan adanya ini akan sama-sama memberikan keuntungan bagi kita bersama, khususnya dalam memajukan budaya melayu,” sebut Basuri.

Baca Juga:  Optimis Angkat Sektor Pariwisata di Beltim

Tak hanya itu, Basuri juga mengundang rekan-rekan sesama penerima penghargaan khususnya para pengusaha yang tergabung dalam MBCC untuk berinvestasi di Kabupaten Beltim.

“Dengan ini juga kami mengundang kepada seluruh kawan-kawan dari MBCC untuk melakukan penanaman modal dan juga memajukan budaya melayu dan Islam di Belitung. Saya optimis hal ini akan memberikan kesejahteraan bagi kita semua,” ucapnya.

Seusai acara penganugerhaan, Bupati juga memberikan presentasi potensi wisata dan investasi di Kabupaten Beltim di hadapan puluhan pengusaha Malaysia dan Singapura. (feb)

Tags:
author

Author: