Bateng Kedatangan Tim Penilai APE

by -

KOBA – Plt Bupati Bangka Tengah (Bateng), Ibnu Saleh menerima kunjungan Tim Penilai Anugerah Paranita Ekapraya (APE) tingkat nasional di ruang VIP Kantor Bupati, Selasa (1/11) kemarin. Tim penilai berjumlah tiga orang yang diketuai oleh Herman Siregar selaku pakar gender, Samsul Ridwan dan Dewi Budhi Cahyani dari Kementerian Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Perempuan.

Dalam pertemuan itu, Ibnu menyampaikan, bahwa Bateng sudah banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan perlindungan anak dan pemberdayaan perempuan mulai dari menyediakan sarana transportasi bagi mereka untuk ke sekolah, memberikan beasiswa bagi siswa yang berprestasi dan sebagainya.

“Salah satu bentuk kepedulian kabupaten kepada anak yakni memberikan beasiswa ke perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia bagi siswa berprestasi, kemudian menyelenggarakan berbagai kegiatan yang dapat menciptakan kader-kader pemimpin bangsa yang berkualitas dan berakhlak mulia,” ungkapnya.

Sedangkan di bidang pembedayaan perempuan, lanjut Ibnu, Bateng juga sudah melakukannya seperti di instansi pemerintah daerah keterwakilan perempuan dalam jabatan sudah dilaksanakan dan untuk saat ini untuk jabatan eselon III banyak yang diduduki oleh kaum perempuan.

Sementera perwakilan tim penilai yang disampaikan oleh Dewi Budhi Cahyani mengatakan, kedatangan mereka guna melakukan penilaian dan melakukan verifikasi data yang berkaitan dengan penilaian APE yang sudah disampaikan kepada kementerian.

“Kunjungan ini sekaligus meninjau ke lapangan mengenai hal-hal yang sudah dilaksanakan yang berkenaan dengan perlindungan anak dan pemberdayaan perempuan. Dalam penilaian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu yang pertama dilakukan diskusi tanya jawab dan yang terakhir melakukan pengecekan kelapangan. Sehingga, hasil penilaian nantinya betul-betul objektif sesuai fakta riil di lapangan,” ungkap Dewi.(and)