Bateng yang Kini Jadi Tujuan Wisata

by -

KOBA – Kalau dulu setiap kali masa liburan sekolah tiba para pelajar di Kabupaten Bangka Tengah mulai dari jenjang SD, SMP hingga SMA selalu berkunjung ke titik wisata yang ada di Kabupaten Bangka Barat ataupun Kabupaten Bangka hingga ke ujung Kecamatan Belinyu yang berada paling utara Pulau Bangka.

Namun, sejak dua tahun terakhir ini kondisi ini sudah berubah. Ratusan hingga ribuan pelajar dari dua kabupaten tersebut sudah dua tahun terakhir ini menjadikan Kabupaten Bateng sebagai tujuan wisata untuk perpisahan para pelajar tersebut. Hal ini semata-mata karena komitmen Bupati Bangka Tengah H. Erzaldi Rosman dalam memberikan sentuhan terhadap pembangunan berbagai objek wisata, seperti di Pantai Kebang Kemilaw Kelurahan Arung Dalam dan Pantai Terentang di Kecamatan Koba, serta Hutan Pelawan Namang.

Gencarnya pemberitaan melalui media massa yang mempromosikan berbagai objek wisata di Bangka Tengah juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan keinginan besar orang untuk mengunjungi berbagai titik wisata tersebut.

Seperti yang terpantau pada Rabu (25/05) kemarin, puluhan rombongan mobil bus asal Belinyu dan Kota Muntok terlihat parkir berjejer di sejumlah titik wisata yang ada di Kota Koba. Bus-bus itu membawa rombongan para pelajar SD yang sedang melakukan kegiatan perpisahan siswa Kelas VI. Parkiran bus yang memanjang terlihat di sejumlah titik wisata, seperti Pantai Terentang dan Wahana Pemandian Tirto Nirmolo III yang ada di pantai tersebut, serta Pantai Kebang Kemilaw.

Aisyah salah seorang guru asal Kota Belinyu mengatakan pihak sekolahnya memang sengaja menggagendakan tujuan wisata untuk perpisahan Kelas VI ke Kabupaten Bateng, khususnya Kota Koba. Sebab, menurutnya di daerah ini banyak objek wisata yang mendidik bagi siswa, seperti wisata pantai ataupun wisata alam.

“Kalau di sini (Bateng) ragam wisatanya banyak. Apalagi tujuan titik wisata satu jurusan dan tidak berputar-putar, sehingga waktu di jalan bisa dipangkas,” ujarnya kepada Babel Pos, Rabu (25/05) kemarin.

Aisyah mengungkapkan para pelajarnya ia bawa berwisata ke Hutan Pelawan Namang, tempat pemandian Tirto Nirmolo dan Pantai Terentang.

“Kalau sudah selesai berwisata, kita juga bisa singgah ke pusat perbelanjaan. Jadi, berwisata ke Bateng ini benar-benar komplit. Pulangnya kan bisa mampir ke Gyan atau Hypermart yang ada di Pangkalan Baru,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang pelajar SD asal Kota Muntok, Angga menyatakan ia dan rekan-rekannya sangat senang bisa berwisata ke Bangka Tengah. Apalagi tempat pemandian Tirto Nirmolo mengenakan karcis masuk yang menurutnya sangat murah jika dibandingkan di tempat lain.

“Masuk pemandian itu sangat murah, apalagi bisa bebas bawa makanan. Jadi, senang aja karena banyak tempat yang bisa kita tuju. Tadi kita ke Hutan Pelawan juga, habis mandi di pemandian Tirto Nirmolo, kita langsung ke pantai ini. Rencananya pulang nanti singgah di tempat perbelanjaan di Gyan atau Hypermart,” ucapnya polos.

“Selama ini saya cuma tahu tempat wisata di sini (Bateng)  dari informasi di berita (media massa) saja. Makanya, penasaran juga. Alhamdulillah perpisahan ini kita diajak pihak sekolah ke sini. Jadi, senang banget,” tambahnya. (obh)