Batu Akik Tila Kuning Akan Dipatenkan

by -

*Pemkab Buat Perbub Pelarangan Pengiriman Batu Mulia

MANGGAR – Sejak ditemukannya batu akik khas Belitung Timur (Beltim) yang dinamakan Batu Akik Tila Kuning, Pemkab Beltim melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) Beltim dalam waktu dekat, berencana akan mengeluarkan Perbup tentang pelarangan pengiriman bongkahan jenis batu permata yang keluar dari daerah Beltim.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Disperindagkop Beltim, Syahrial ketika dikonfirmasi harian ini. Menurut dia, pihaknya sudah melakukan pengecekan sekaligus memastikan jenis batu dimaksud.

“Benar, kita sudah mengecek temuan batu akik asli dari Beltim (Kecamatan Gantung, red) dan ini banyak ditemukan dikawasan Desa Gantung. Untuk itu kita berencana dalam waktu dekat akan mengeluarkan hak paten yakni berupa Perbup terkait temuan batu akik asal Beltim tersebut,” jelas Syahrial, Jum’at (13/3) kemarin.

Syahrial menambahkan, pengecekan batu tersebut juga melalui mekanisme yang dilakukan timnya. “Kita sudah cek batu akik tersebut. Kadar kerasnya juga sudah 5 sampai dengan 6 jumlah kadar kerasnya batu. Jika melalui kasat mata menyerupai batu Raflesia yang kuning mengkilap,” tambahnya.

Saat ini lanjut Syahrial, salah seorang pengrajin batu dikawasan Desa Gantung sudah banyak mengoleksi batu tersebut. Pengrajin tersebut merupakan salah satu binaan dari Disperindagkop Beltim yang telah lama mengoleksi batu akik Tila Kuning asli dari Desa Gantung.

“Sudah banyak yang mengolah batu akik tersebut dan memang sangat layak dijadikan koleksi,” ujarnya.

Bahkan, Beliadi, salah seorang penyuka batu asal Gantung mengaku dirinya sudah mengoleksi banyak batu akik Tila Kuning tersebut. Baik yang telah diolah maupun dalam bentuk bongkahan.

“Saya banyak mengoleksi bongkahan batu akik Tila Kuning, memang diakui batu tersebut sangat indah dan tak kalah kualitasnya dengan batu akik Raflesia yang saat ini juga banyak dikoleksi oleh pecinta batu. Saya pun sangat setuju jika Pemkab Beltim jika akan membuat Perbup terkait larangan pengiriman bongkahan batu akik asli Beltim ini. Jika perlu di wajibkan PNS untuk bisa menggunakan batu akik asli daerah sendiri,” ujarnya berpromosi.(feb)