Batu Penyu Gelar Maras Taun

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

GANTUNG – Upacara adat Maras Taun kembali digelar di Desa Batu Penyu, Kecamatan Gantong Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Minggu (29/3) kemarin. Pelaksanaan kegiatan yang dihadiri Bupati Beltim Basuri T. Purnama, Danpos AU, Danpos Basarnas dan Danramil Gantong dan masyarakat desa setempat ini dilaksanakan di rumah dukun kampung Maryadi.

 

Selain untuk melestarikan adat budaya daerah, juga memaknai kegotong-royongan di masyarakat dan mempererat tali silaturahmi.Acara kegiatan maras taun ini tak jauh berbeda dengan kegiatan tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan dimulai dari pagi hari dengan melakukan pembacaan doa selamat kemudian ritual adat mengucur air sembilan di perbatasan Gantong dengan Batu Penyu dan di perbatasan desa Batu Penyu dengan Jangkar Asam. Kemudian siang harinya dilanjutkan dengan tari-tarian untuk melestarikan kesenian daerah.

Baca Juga:  Ratusan Warga Kelapa Kampit Nobar Dengan Tim Jalak Sakti 2019

 

“Ritual ini dilakukan setiap tahun dengan membaca doa selamat dan ritual adat ngucur air sembilan di perbatasan-perbatasan kampong untuk menangkal roh-roh jahat dan murah rejeki, “ ujar Pj. Kepala Desa Batu Penyu, Kulup Han.

 

Sementara itu, Basuri mengajak seluruh pihak khususnya masyarakat Kabupaten Beltim bersatupadu melestarikan adat budaya Belitong serta membangun Beltim.

Baca Juga:  3 Nama Pejabat Lulus Seleksi Terbuka Akan Dikirim ke KASN

 

“Mari kita lestarikan adat Budaya Belitong dan tentunya saya mengajak seluruh pihak bersama-sama membangun Beltim di berbagai sektor. Pemda akan terus berupaya memajukan Beltim dan melaksanakan berbagai program agar masyarakat sejahtera. Antara lain kita sudah siapkan sekolah yang akan menciptakan generasi siap kerja, membantu masyarakat, termasuk saat ini mempersiapkan program sistem desa informasi yang akan di launching Presiden Jokowi. Hal ini adalah upaya mempercepat pembangunan di Beltim dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Basuri.(feb)

Rate this article!
Tags:
author

Author: