Beasiswa Kuliah Luar Belitung Karena Alasan Jurusan

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

MANGGAR – Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) akhirnya angkat bicara mengenai program beasiswa pelajar untuk melanjutkan ke perguruan tinggi luar Pulau Belitung. Melalui Kepala Bidang (Kabid) Menengah Pendidikan Beltim, Linda Thudore  mengungkapkan, program beasiswa ke luar daerah karena alasan jurusan yang dipilih calon mahasiswa yang bersangkutan.
“Kita sekolahkan mereka ke luar Babel, karena jurusannya. Misalnya kita mau mencetak anak didik kita menjadi guru, seperti bidang guru matematika, fisika dan lain lain. Dan yang pantas serta memiliki efektifitas yang tinggi, dan bagus, menurut Kami hanya di Surya Institut,” ungkap Linda menanggapi surat pembaca di harian Belitong Ekspres, yang meminta penjelasan terkait efektifitas program beasiswa ke luar Pulau Belitung, Selasa (5/5) kemarin.
Linda menjelaskan, saat ini 102 pelajar Beltim yang mengenyam pendidikan di Surya Institut. Bahkan sudah ada pelajar yang duduk di semester akhir. Jika mereka lulus, diharapkan bisa kembali dan bekerja di Pemkab Beltim. Namun dia tidak bisa memberikan kepastian mereka bisa langsung duduk manis menjadi PNS di Beltim.
“Setelah mereka lulus mereka juga tidak bisa langsung duduk menjadi PNS di Beltim. Mereka harus siap bersaing ikut test dengan peserta lainnya sesuai dengan kemampuan masing masing. Jika memang mereka mau bekerja sebagai PNS sebaliknya mereka harus mampu bersaing dengan ilmu yang mereka dapatkan dan miliki,” tegas Linda

Baca Juga:  Kapolda Babel Pantau Rekapitulasi di Beltim

Lebih lanjut mengatakan, pelajar yang diberikan beasiswa oleh Pemkab Beltim juga tidak hanya biaya kuliah saja. Namun, seluruh pembiayaan hingga mereka lulus menyandang gelar Sarjana.
“Mereka semua dibiayai oleh Pemkab dari mulai kuliah, kost dan biaya lainnya, semuanya ditanggung murni, tegasnya kembali.
Ia menambahkan, ke depan Pemkab Beltim juga akan kembali memberikan beasiswa berupa kuliah ke perguruan yang sebelumnya sudah dilakukan kerjasama. Salah satunya yakni di Tantri Abeng University (TAU).

Baca Juga:  Kesbangpol Siapkan Bantuan Parpol, Pencairan Tunggu Pemeriksaan BPK

“Tahun ini (Tahun ajaran 2015-2016-red) rencananya sebanyak 40 pelajar akan dikuliahkan di Tantri Abeng University.  Tapi ini baru rencana,” terangnya.

Pemkab Beltim sebelumnya sudah melakukan dan memberikan beasiswa ke pelajar kurang mampu di Beltim, ke perguruan tinggi ternama, seperti Univesitas Trisakti dan perguruan tinggi lainnya di luar Pulau Belitung.(feb)

Tags:
author

Author: