Belasan Wartawan Liput Kunker Pemkot Salatiga di Belitung

by -
belitung-edisi-24-maret-2017-kunjungan-pemkot-Salatiga
Plt. Walikota Drs. Achmad Rofei saat menyerahkan cinderamata kepada Wakil Belitung Erwandi A Rani. Foto ist

TANJUNGPANDAN-Belasan wartawan dari berbagai media lokal dan nasional kini berada di Belitung. Kedatangan 15 juru berita ini merupakan bagian dari kunjungan kerja (Kunker) Pemkot Salatiga ke Babel setelah sebelumnya berkunjung ke Kota Pangkalpinang. Wakil Bupati Belitung, Drs. Erwandi A Rani menyambut baik kedatangan Plt. Walikota Drs. Achmad Rofei beserta rombongan di Ruang Pertemuan Pemkab Belitung, Kamis pagi 23 Maret 2017.

Diawali dengan pantun melayu, Wabup menjelaskan program unggulan (Perhubungan, Pariwisata dan Pelabuhan), pembangunan Kabupaten Belitung dihadapan 22 pejabat dilingkungan Pemkot Salatiga dan 15 wartawan. “ Kunjungan ini diharapkan dapat menjalin silaturahmi dan kerjasama antara Pemkab Belitung dan Pemkot Salatiga’ ujar Erwandi sembari menjelaskan kegiatan kehumasan dan informasi publik

Sejumlah wartawan yang bisa meliput kegiatan Pemkot Salatiga  itu antara lain wartawan radio Elshinta, TV Lokal, Metro TV, Suara Merdeka, Sindo TV dan Koran Sindo (MNC Group),  Harian Kedaulatan Rakyat, Tribun Jatim, LKBN Antara.

Plt Walikota Salatiga didampingi Pj.Sekda, Plt Kadis Kominfo, Kadin PUPR, Kepala Batitbangda, Kabag Umum, Kabag Humas,  mengungkapkan kegiatan press tour merupakan kegiatan rutin Humas dan Protokol Pemkot Salatiga. “ Meski bukan kota tujuan wisata. Kami ingin menimba  ilmu, menggali informasi, berbagi informasi di Belitung . Salatiga memiliki hotel dan menjadi transit orang yang akan menuju tempat wisata di Solo atau Semarang” ujar Rofei dalam sambutannya.

Jabatan Pelaksana Tugas, Achmad Rofie sejak  September 2017 lalu  berkaitan dengan proses pemilihan 7 Pilkada Walikota Serentak di Indonesia dimana satu dari 2 calon Walikota merupkan incumbent yang maju satu paket.Beragamnya etnis dan pemuluk agama menjadikan  Salatiga mendapat predikat Kota Paling Toleran Kedua di Indonesia.

Menjawab pertanyaan seputar saja trik memasarkan wisata di Belitung, Asisten  Bidang Pembangunan dan Perekonomian Setda, Jasagung  Hariyadi menjelaskan lonjakan kunjungan wisata dari 5.000 hingga 200.00an  wisatawan ke Belitung  pasca populernya novel dan film ‘Laskar Pelangi’ tidak lepas dari peran medsos yang mempublikasikan objek wisata di Pulau Belitung dan sinergitas pemda dan pemerintah pusat dalam membangun kawasan wisata. “ Belitung ditetapkan sebagai 10 destinasi andalan nasional” ujar Jasagung melanjutkan penjelasan Wabup soal empat proyek strategis nasional di Belitung yakni, bandara internasional, pembangunan air baku, pengembangan kawasan ekonomi khusus dan proyek strategi bidang perikanan dan kelautan.

Daya tarik ‘Laskar Pelangi’ nampaknya masih tertanam dibenak wartawan hal ini terungkap dari rasa penarasaran mereka bertemu dengan tokoh –tokoh utama dalam film Laskar Pelangi. “ Satu lagi, kalau objek wisata kita yang perlu dikunjungi, pulau Lengkuas. Kalau tidak kesana bukan ke Belitong dan jangan lupa menikmati kuliner khas pulau Belitong“ ujar Wabup setengah berpromosi.

Menanggapi penjelasan seputar analisa media dan informasi publik di Belitung, Plt Kadis Kominfo  Salatiga, Nasirudin mengungkapkan Dinas kominfo Salatiga seperti halnya Kabupaten Belitung berupaya membangun eksistensi  sebagai pelayan informasi publik bersama Bagian Humas “ Soal perizinan menara dan radio masih menggantung. Peraturan Walikota masih di Dinas tapi Undang-Undang  tidak memperboleh mengeluarkan rekom “ ujar Nasirudin.

Dalam kesempatan ini, Wabup memberikan cindera mata berupa kain cual kepada Plt.Walikota Salatiga.  Hadir dalam mendampingi Sekretaris Diskominfo Babel Hanafi, Wabup. Asisten II Setda, Mirang Uganda, SH, Asisten II Setda, Jasagung Hariyadi, MSi, Kadis Kominfo Adnizar, SH Kabag Humas Edi Suprapto, Kabag Hukum Kabupaten Belitung, Imam Fadli SH (fiet/diskominfo)