Belitong Expo 2021 akan Digelar Awal Juli

by -
Belitong Expo 2021 akan Digelar Awal Juli
Kepala DKUKMPTK Kabupaten Belitung, Adnizar.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja (DKUKMPTK) Kabupaten Belitung, akan menggelar Belitong Expo 2021. Rencana agenda tahunan ini agar diselenggarakan pada awal Juli mendatang.

“Berdasarkan hasil Rapat Persiapan Rabu (9/6), Belitong Expo itu insyallah akan digelar tanggal 1 hingga 5 Juli di kawasan Pantai Wisata Tanjungpendam,” kata Kepala DKUKMPTK Kabupaten Belitung, Adnizar kepada Belitong Ekspres, Senin (14/6).

Menurut Adnizar, mereka telah mengirim surat kepada Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Belitung. Satgas memberikan rekomendasi untuk kegiatan itu dengan tetap menggunakan Protokol Kesehatan (prokes).

“Dan juga tetap mengikuti Perbup nomor 23 tahun 2020 tentang pedoman tatanan baru produktif dan aman dalam masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Belitung. “Mekanismenya akan dikontrol di pintu gerbang pertama masuk Tanjungpendam. Jadi tamu itu atau pengunjung diperkenankan masuk 50 persen dari kapasitas wilayah,” jelasnya.

Meski demikiam, Adnizar menyebutkan dirinya belum mengetahui apakah ada peserta dari luar Pulau Belitung. Namun Kabupaten Belitung dan Belitung Timur dipastikan ikut agenda tahunan tersebut.

“Kalau tenda roder itu ada 40 karena kita membatasi, kalau sebelumnya 120, dan sekarang tidak pakai AC hanya pakai kipas uap. “Kita sendiri untuk UMKM siapkan tenda yang besar 30, kecil 30 dan pesertanya akan kita tertibkan dan tidak banyak, dan akan kita pilih serta evaluasi,” sebutnya.

Kemudian agenda Belitong Expo 2021 kali ini akan ketat menerapkan Protokol Kesehatan. Seperti dinding lokasi akan terbuka dan tidak menggunakan AC, dan bagi tamu yang masuk akan terlebih dahulu di ruangan khusus untuk dilakukan uap.

“Belitong Expo ini kita tidak ada target pendapatan atau perputaran uang, karena semuanya serba dibatasi. Agenda ini untuk memulihkan UMKM yang terdampak akibat Covid-19, dan ini juga rangkaian kegiatan Hari Jadi Kota Tanjungpandan,” tandasnya. (dod)