Belitong Food street Kembali Beroperasi

by -
Belitong Food street Kembali Beroperasi
Bupati Belitung H. Sahani Saleh meninjau lokasi Belitong Food street beralamat di jalan Kemuning, Tanjungpandan Belitung, Rabu (1/7).

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Pemerintah Kabupaten Belitung kembali membuka Belitong Food Street, setelah launching “new normal” di Kabupaten Belitung, Rabu (1/7). Belitong Food street beralamat di jalan Kemuning, Tanjungpandan Belitung.

Bupati Belitung H. Sahani Saleh mengatakan pada hari ini Pemkab Belitung sudah launching ” new normal”. Ada 10 bidang dalam SOP New Normal di Kabupaten Belitung, salah satu bidang usaha/pusat keramaian (pasar dan pertokoan).

“Diharapkan kita saling mengingatkan pentingnya Protokol kesehatan, tolong lah sama-sama kita mematuhi itu, seperti pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak,” kata Bupati yang karib disapa Sanem.

Bupati mencontohkan, agar para penjual memberitahukan kepada para pengunjung agar mematuhi SOP Protokol yang sudah ditetapkan pemerintah. “Kita sudah susun tempat duduk, tapi nanti pengunjung nyusun sendiri, tolong sama sama jaga lah,” jelasnya.

Dikatakan Sanem, ia tidak menampik penerapan SOP Protokol kesehatan untuk tahap memang sedikit susah, namun kalau sudah menjadi kebiasaan akan lebih mudah. “Itu memang perlu proses, tapi kita yakin, kalau kita bertekad sama-sama, kita bisa,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengatakan ini mementum kebangkitan kembali UMKM. Namun ada perbedaannya, yakni mengedepankan kehidupan yang baru mengutamakan kesehatan, keamanan pangan, bukan hanya rasa enak tetapi keselamatan konsumen dan penjual.

“Dengan dibukanya ini artinya, mereka sudah punya semangat baru dan kesempatan, kita lihat tadi ada ojek online yang beli dan seterusnya,” kata Isyak Meirobie.

Menurut Isyak, penerapan new normal di lokasi tersebut sudah cukup sesuai. “Sebagian besar sudah oke, tempat cuci tangan sudah ada, sanitasi sudah ada, sudah bagus, tinggal pengaturan tempat duduk ketika ada pengunjung,” jelasnya.

Perwakilan komunitas Belitong Food Street Adhywira mengatakan sejak adanya wabah Pandemi Covid-19 mereka tidak pernah beraktivitas dikawasan tersebut.

Dikatakan Adi, dengan dibukanya kembali Belitong Food Street menunjukan kepedulian pemerintah. “Selama 3 bulan kita tidak melakukan transaksi jual beli, alhamdulillah setelah dibuka kembali Belitong Food Street menunjukan kepedulian yang luar biasa dari Pemda,” katanya.

Adhywira berharap kedepan mereka bisa meningkatkan kembali kegiatan transaksi mereka, untuk lebih bersemangat, agar ekonomi tetap bergulir menjadi lebih baik. (dod)

Editor: Yudiansyah