Belitung akan Terima 1.464 Dosis Vaksin, Ini Jadwal Vaksinasi Tahap Pertama

by -
Belitung akan Terima 1.464 Dosis Vaksin Tahap Pertama
Sekda Kabupaten Belitung, MZ Hendra Caya.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung, akan menerima sebanyak 1.464 dosis vaksin Covid-19 pada tahap awal pelaksanaan vaksinasi Covid-19 nantinya. Saat ini Pemkab Belitung sedang tahap persiapan melaksanakan vaksinasi tersebut.

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Belitung MZ Hendra Caya setelah video conference zome meeting antara Pemerintah Pusat, dengan Provinsi dan Kabupaten serta Kota, Selasa (5/1) kemarin.

“Dari sebanyak 20.000 dosis vaksin yang diterima oleh Provinsi Babel, maka Belitung mendapatkan 1.464 dosis,” kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Belitung, MZ Hendra Caya kepada Belitong Ekspres.

Menurut Hendra, pemberian vaksin Covid-19 diprioritaskan bagi calon penerima yang terdiri dari Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK). Seperti tenaga medis dan tenaga kesehatan kemudian TNI/Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Selain itu, vaksinasi juga akan dilakukan kepada orang yang selama ini rentan terinfkesi Covid-19 dan memiliki riwayat penyakit komorbid atau penyerta.

“Vaksinasi kami targetkan akan dilakukan pada awal Februari atau minggu kedua Februari, untuk para tenaga medis, baik dirumah sakit, puskemas dan tenaga TU di rumah sakit itu,” terangnya.

Hendra melanjutkan, berdasarkan info yang didapatnya ketika Vidcon itu, bahwa pelaksanaan vaksinasi di tingkat pusat akan dilaksanakan pada Rabu (6/1) dan untuk Provinsi Kamis (14/01) mendatang.

Sedangkan untuk Kabupaten Belitung masih persiapan seperti menunggu vaksin datang, pelatihan vaksinator dan pasca nanti. “Pasca ini harus jelas dulu, jangan sampai tidak jelas nantinya, dampaknya, kita Pemerintah Daerah menanyakan ini,” sebutnya.

Dia menambahkan, Pemkab Belitung juga akan melatih petugas vaksinator sebelum memberikan layanan vaksin kepada masyarakat di Kabupaten Belitung.

“Di Belitung pada 18 Januari nanti, baru pelatihan kepada tenaga vaksinator itu, kemungkinan Belitung akan dilakukan pada minggu pertama atau kedua Februari nanti,” sebutnya.

Tak hanya itu, Pemkab juga menyiapkan tim untuk mengantisipasi dampak yang bisa saja timbul setelah pemberian vaksin atau pasca imunisasi. Hal ini harus menjadi perhatian bersama nantinya.

“Seandainya ada gejala nanti yang bisa saja timbul setelah diberikan vaksin kami sudah siapkan tim yang nanti akan menanganinya,” tandasnya.

Penerima Vaksin Mulai Didata

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, mulai mendata calon penerima vaksin Covid-19 tahap pertama. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Belitung, Joko Sarjono mengatakan vaksinasi tahap pertama diprioritaskan bagi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK).

“Tahap pertama memang untuk SDMK seperti tenaga medis dan tenaga kesehatan atau mereka yang berada di garis depan penanganan Covid-19 dan sering berhubungan dengan pasien Covid-19,” terang Joko seperti dilansir babel.antaranews.com.

Menurut dia, sejauh ini pihaknya telah mendata sekitar 1.000 orang yang akan menjadi calon penerima vaksin Covid-19 terdiri dari tenaga medis dan tenaga kesehatan di RSUD Marsidi Judono, Rumah Sakit swasta, klinik kesehatan dan Puskesmas.

“Semuanya sudah kami data dan ini telah memasuki tahap akhir atau finalisasi data,” ujarnya.

Joko menambahkan, sedangkan untuk kedatangan vaksin Covid-19 masih menunggu penyaluran yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Babel.

“Nanti vaksin akan di “drop” langsung oleh Dinkes Provinsi Babel kabarnya hari ini vaksin tiba di Pangkalpinang setelah itu nantinya disalurkan ke daerah,” katanya.

Dikatakannya, sebelum vaksinasi dilaksanakan, sejumlah petugas vaksinator telah mengikuti pelatihan secara daring sehingga penyuntikan vaksin nantinya berjalan lancar dan sesuai ketentuan.

“Sedangkan kapan penyuntikan vaksin akan dimulai sejauh ini masih menunggu izin dari BPOM perkiraan kami paling cepat di awal Februari,” tandasnya. (dod/ant)