Belitung Bersiap New Normal Buka 2 Tempat Wisata Pada Pertengahan Juli

by -
Belitung Bersiap New Normal Buka 2 Tempat Wisata Pada Pertengahan Juli
Pantai Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung. Foto Yudiansyah/BE

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Pemerintah Kabupaten Belitung telah mengirimkan rencana kesiapan pemulihan pariwisata kepada Kementerian Pariwisata melalui Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Event.

Hal itu terkait rencana dua tempat wisata di Belitung yang akan segera dibuka kembali secara nasional. Sebelumnya, salah satu TV Nasional memberitakan Pemerintah Indonesia berencana membuka kembali sejumlah tempat wisata.

Di antaranya Pariwisata di Kabupaten Belitung Provinsi Babel, yakni Pantai Tanjung Kelayang dan Pantai Tanjung Tinggi bersama dengan tempat wisata yang ada di Provinsi Bali, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Jasagung Haryadi mengatakan, Belitung Negeri Laskar Pelangi menjadi satu dari empat daerah yang akan mulai bersiap membuka kembali destinasi wisatanya.

Dua destinasi di Provinsi Bangka Belitung yakni Pantai Tanjung Tinggi dan Tanjung Kelayang rencananya akan dibuka secara nasional pada pertengahan Juli 2020 mendatang.

Kabupaten Belitung juga telah menyusun rencana kesiapan pemulihan pariwisata yang diminta Kementerian Pariwisata melalui Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Event, Rabu (27/5).

“Kemaren sore, dari Kemenpar meminta bahan kepada Kabupaten Belitung untuk bahan rapat terbatas presiden hari ini, tentang pemulihan sektor pariwisata kaitan pembukaan dua destinasi itu. Kami siapkan dan dikirim, rencana dalam rangka persiapan new normal,” katanya kepada Belitong Ekspres, Kamis (28/05).

Dikatakan Jasagung, bahan tentang pemulihan sektor pariwisata tersebut merupakan rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung tak lain dalam rangka persiapan new normal ke depannya di tengah pandemi Covid-19

“Artinya bukan untuk pembukaan Juni (arahan pusat) tapi tergantung kesiapan, karena lihat situasi apakah situasi Belitung pada bulan-bulan itu akan normal. Kalau toh normal kita siap untuk langkah-langkah buka itu (objek wisata),” terangnya.

Kemudian, kata dia, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Contohnya simulasi untuk membuka obyek wisata serta menyiapkan protokol kesehatan pencegahan wabah virus Corona.

Konsep wisata harus mengacu konsep yang dipakai Kementerian Pariwisata yakni clean, health, and safety (CHS) atau bersih, sehat dan aman.

“Protokol itu yang harus diikuti di objek pariwisata nantinya, sehingga bahan itu (kesiapan pemulihan pariwisata) sudah kami sampaikan ke Kemenpar dan menunggu hasil rapat terbatas presiden hari ini,” sebutnya.

Selanjutnya, tambah Jasagung syarat-syaratnya harus memerhatikan protokol kesehatan, juga harus ada keamanan agar orang tidak berkerumun.

“Siapa yang membubarkan (jika ada yang berkerumun), perlu dikoordinasikan dengan instansi lain. Jadi membuka objek wisata dengan konsep CHS ini harus siap bukan hanya Dinas Pariwisata tetapi OPD (organisasi perangkat daerah) terkait dan instansi lain juga harus turut juga. Karena nanti bahan membuka destinasi lain,” tandasnya. (dod)

Editor: Yudiansyah