Belitung Dipilih Lokasi Puncak Latihan AU

by -

*Kabar Sudah 90%, Presiden Dijadwalkan Hadir

TANJUNGPANDAN-Gelaran Latihan Tertinggi Angkatan Udara (Angkasa Yudha) hampir dipastikan akan dilaksanakan di Belitung. Hal tersebut diungkapkan Kepala Penerangan Lanud HAS Hanandjoeddin Letda Sus Drajat Akrom, kepada Belitong Ekspres, Kamis (13/8) kemarin.
Letda Sus Drajat mengatakan, dirinya sudah mendapatkan informasi dari Markas Besar Angkatan Udara (Mabes AU) di Jakarta tentang latihan puncak TNI AU ini yang dilaksanakan di Belitung, tepatnya di Lapangan Tembak AWS Buding, pertengahan September 2015 mendatang.
“Sebelumnya, ada dua pilihan dilaksanakannya latihan puncak ini. Yakni di Pulau Natuna Riau dan di Pulau Belitung. Namun, seluruh jajaran memilih Belitung lantaran ada beberapa pertimbangan-pertimbangan setelah dirapatkan,” katanya.
Mengenai kejelasan tanggal pelaksanaan, Letda Sus Drajat mengaku masih belum mengetahui. Namun, yang pasti rencana latihan tertinggi Angkatan Udara ini, dilaskanakan pada pertengahan September 2015 ini.
“Intinya pihak Lanud HAS Hanandjoeddin diperintahkan untuk melakukan persiapan. sebab, 90 persen Belitung menjadi tempat dilaksanakannya latihan Angkasa Yudha ini,” tutur bapak satu anak ini.
“Sebab, latihan ini akan diikuti seluruh jajaran TNI AU se Indonesia. Beberapa pesawat andalan RI seperti F 16, Sukoi, Hawk 100/200 akan turun langsung beserta ratusan anggota paskas,” sambungnya.
Diperkirakan Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo dan sejumlah Menteri akan hadir, menyaksikan secara langsung latihan Angkasa Yudha ini. “Selain itu, Kepala Staff AU (Kasau) Marsekal TNI Agus Supriatna dan Kapolri Jendarl Badrodin Haiti direncanakan juga akan hadir,” pungkasnya. (kin)