Belitung Jadi Tuan Rumah Potradnas 2021

by -
Belitung Jadi Tuan Rumah Potradnas 2021
Suasana rapat koordinasi Kemenpora dengan Pemkab Belitung, Selasa (15/6) kemarin.

belitiongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional ( POTRADNAS) ke VIII Tahun 2021 akan digelar di Kabupaten Belitung pada awal September mendatang. Belitung sendiri menjadi tuan rumah Potradnas ke VII tersebut.

Hal tersebut dikatakan Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Kemenpora RI Aris Subiyono, usai mengikuti rapat koordinasi Kemenpora dengan Pemkab Belitung, Selasa (15/6) kemarin.

Menurut Aris, ada 5 olahraga tradisional yang akan dipertandingkan. Diantaranya, panah tradisional, ketapel, enggrang, lari balok dan sumpitan. Padahal sebelum pandemi ada banyak olahraga yang dipertandingkan dengan bersentuhan bodi.

“Jadi 5 ini yang akan dipertandingkan untuk seluruh provinsi, dan berharap semua mengikuti berjumlah sekitar 500 an peserta. Untuk Protradnas ini direncanakan akan digelar tanggal 2 hingga 5 September, sebagai road to Haornas pada tanggal 9 september,” jelas Aris.

Dikatakan Aris, mereka berharap agenda ini sukses dilaksanakan dan mengutamakan keselamatan masyarakat, dengan cara menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. “Persiapannya kami sudah berapa kali bertemu, dan hari ini kita matangkan semua, tingga porsi yang harus disiapkan daerah dan pusat,” sebutnya.

Ia juga berharap kerja sama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Belitung. Apalagi kata dia sebagai pencanangan pra eventnya peresmian pojok olahraga tradisional di ruang publik di Belitung.

“Kalau memang itu bisa kita laksanakan pertama kali di Belitung ruang publik yang ramah untuk olahraga tradisional itu akan sangat bagus, jadi mulai dari Belitung,” harap Aris.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Belitung Soebagio mengemukanan, rapat koordinas tersebut akan segera ditindaklanjuti secara teknis apa saja yang menjadi bahan ranah dari panitia Kabupaten Belitung.

“Secara teknis kita sudah siap, karena dari beberapa waktu lalu kita melakukan pembahasan dengan kawan-kawan panitia kabupaten Belitung. Untuk lokasi kegiatan akan dilaksanakan di Stadion Pangkal Lalang, sedangkan pembukaan di Pantai Wisata Tanjungpendam,” katanya. (dod)